Bisnis

Komunitas Bukalapak Giatkan Belajar Ngelapak Bersama Komunitas di Sragen

BNBK merupakan ruang yang diberikan oleh Bukalapak kepada komunitas untuk berkreasi dalam menyelenggarakan kegiatan di komunitasnya

Komunitas Bukalapak Giatkan Belajar Ngelapak Bersama Komunitas di Sragen
IST
Ian Agisti Dewi Rani (Community Engagement Manager Bukalapak) memberikan cinderamata kepada Giyadi SH MSi (Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Sragen) dalam acara Belajar Ngelapak Bersama Komunitas Bukalapak Sragen. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Victor Mahrizal

TRIBUNJOGJA.COM, SRAGENKomunitas Bukalapak selalu berupaya memberikan program-program terbaik sarat akan manfaat kepada anggotanya.

Program Belajar Ngelapak Bersama Komunitas (BNBK) yang merupakan salah satu program unggulan Komunitas Bukalapak, kembali diadakan pada tahun ini.

Sabtu (30/6/2018) lalu rangkaian program BNBK digelar di Sragen, yang juga merupakan tanah kelahiran Founder dan CEO Bukalapak, Achmad Zaky.

Pemilihan Sragen sebagai salah satu daerah tujuan gelaran BNBK didasarkan pada adanya potensi pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di sini, sesuai dengan misi dari Bukalapak yaitu memberdayakan UKM di seluruh penjuru Indonesia.

Program BNBK di Sragen dilaksanakan mulai tanggal 30 Juni hingga 1 Juli 2018.

Baca: Gandeng KLIXTV, Bukalapak Tawarkan Streaming Piala Dunia 2018 Bagi Pecinta Sepak Bola

BNBK yang dirancang dan dieksekusi oleh Komunitas Bukalapak ini adalah yang kedua kalinya dilaksanakan sejak tahun 2016 lalu. 

BNBK bertujuan untuk memberikan wawasan kepada para peserta tentang berbisnis secara online di Bukalapak dan meningkatkan keterampilan dalam mengoptimalkan bisnis mereka tersebut.

Pendampingan juga akan diberikan untuk memastikan perkembangan bisnis dari para peserta.

Selain bertujuan untuk memberikan edukasi, BNBK merupakan ruang yang diberikan oleh Bukalapak kepada komunitas untuk berkreasi dalam menyelenggarakan kegiatan di komunitasnya masing-masing.

“Program BNBK sudah kami mulai dari awal Mei lalu dan hari ini gelaran BNBK ada di Sragen. Peserta pelatihan yang terdiri dari masyarakat umum setempat baik yang sudah terjun menjadi pelaku UKM ataupun mereka yang baru ingin memulai berbisnis, terlihat antusias dan memiliki semangat yang tinggi untuk menjadi pebisnis online. Lebih dari itu, kami bangga akan semangat dan antusiasme yang luar biasa dari masing-masing komunitas dalam merancang, menyiapkan, dan menjalankan BNBK di kota mereka,” kata Muhammad Fikri, Head of Community Management Bukalapak, Senin (2/7/2018).

Baca: Komunitas Pelapak Bukalapak Yogya Gotong Royong Siapkan Pesanan

Sragen yang merupakan salah satu kabupaten terkenal di Jawa Tengah juga disebut sebagai daerah penyangga Kota Surakarta memiliki hasil pertanian yang unggul, seperti padi, tebu, kacang tanah dan semangka.

Lebih dari 1300 pelapak yang tergabung di Komunitas Bukalapak regional Jawa Tengah memanfaatkan peluang ini untuk menjual produk-produk olahan makanan melalui UKM yang mereka bangun.

Bukalapak kemudian memberikan pelatihan kepada para UKM ini melalui program BNBK agar bisnis yang mereka jalankan bisa mencapai hasil yang maksimal.(tribunjogja.com)

Penulis: vim
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved