Kota Yogyakarta

Pelican Crossing Malioboro Sering Mati

Setidaknya ada dua lokasi yang sudah dibangun pelican crossing, yaitu Jalan Solo dan Jalan Malioboro.

Pelican Crossing Malioboro Sering Mati
TRIBUNJOGJA.COM / Bramasto Adhy
Ribuan wisatawan memenuhi kawasan pedestrian Malioboro, Yogyakarta, Senin (18/6). Kunjungan wisatawan dari luar Kota Yogyakarta diperkirakan masih akan berlangsung hingga beberapa hari kedepan. 

Laporan Calon Reporter Tribun Jogja, Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA- Pelican Crossing atau lampu lalu lintas pejalan kaki merupakan fasilitas bagi pejalan kaki untuk menyeberang.

Namun sayangnya, fungsi pelican crossing di Kota Yogyakarta masih belum optimal.

Malioboro misalnya, terdapat beberapa pelican crossing, namun sayangnya mati dan tidak bisa digunakan.

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Golkari Made Yulianto mengatakan setidaknya ada dua lokasi yang sudah dibangun pelican crossing, yaitu Jalan Solo dan Jalan Malioboro.

Terkait dengan kerusakan, pihaknya sempat melakukan perbaikan.

"Kalau di Malioboro ada yang punya kota ada yang punya DIY. Dishub Kota memiliki 2 pelican crossing di sana. Kami sempat melakukan perbaikan, kami tentu akan melakukan pengecekan lebih lanjut," kata Yulianto Minggu (1/7/2018).

Ia menjelaskan pelican crossing sangat penting untuk menjaga keselamatan pejalan kaki, khususnya penyeberang jalan.

"Keberadaan pelican crossing itu sangat penting, khususnya bagi penyeberang jalan. Mestinya, juga dilengkapi dengan suara, seperti sirene itu saat lampung mau berganti ke merah atau ke hijau. Jadi suara itu harapannya juga bisa digunakan, oleh saudara kita yang disabilitas," jelasnya.

"Namun sayangnya, kalau suara kita hidupkan, ada oknum masyrakat yang mematikan, dengan dipotong kabelnya. Sering itu begitu mungkin dianggap mengganggu, makanya masyrakat juga perlu paham bahwa pelican crossing itu juga perlu," sambungnya. (*)

Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved