Piala Dunia 2018

Mengenal Aturan 'Fair Play' yang Memaksa Senegal Angkat Koper dari Piala Dunia 2018

Timnas Jepang dan Senegal sama-sama mengoleksi empat poin dengan selisih gol yang sama persis pula.

Mengenal Aturan 'Fair Play' yang Memaksa Senegal Angkat Koper dari Piala Dunia 2018
Twitter @FIFAWorldCup
Pemain Timnas Senegal, M'Baye Niang (kanan) merayakan golnya ke gawang Timnas Polandia dalam laga babak penyisihan Grup H Piala Dunia 2018 di Stadion Spartak (Otkrytie Arena), Moskwa, Rusia, Selasa (19/6/2018) malam WIB. 

TRIBUNJOGJA.COM - Jepang  menembus babak 16 besar Piala Dunia 2018 meski menderita kekalahan 1 - 0 melawan Polandia pada laga terakhir Grup H di Volgograd, Kamis (28/6/2018).

Di waktu bersamaan, Kolombia memukul  Senegal dengan skor identik di Samara untuk finis sebagai pemuncak grup.

Kombinasi dua hasil tersebut membuat Jepang dan Senegal sama-sama mengoleksi empat poin dengan selisih gol yang sama persis pula, memasukkan empat sekaligus kebobolan empat. 

Ya, Senegal menjadi tim pertama dalam sejarah Piala Dunia yan menjadi 'korban' tersisih dari fase penyisihan grup gara-gara aturan fair play.

Lantas, apakah yang dimaksud aturan fair play

Seperti yang telah ditetapkan dalam regulasi FIFA menggariskan aturan fair play sebagai penentu berikut apabila ada dua tim atau lebih yang memiliki torehan berimbang dalam poin, selisih gol, jumlah gol memasukkan, dan duel head-to-head. 

Dalam hal ini, kartu kuning dihargai minus satu, kartu kuning kedua -3, kartu merah langsung -4, dan kartu kuning plus kartu merah langsung -5.

Di sinilah tim asuhan Akira Nishino mengungguli Senegal, yang mereka imbangi 2-2 saat bertemu langsung di matchday kedua.

Permainan Yuto Nagatomo dkk lebih "bersih" ketimbang sang wakil Afrika.

Kartu kuning untuk bek Tomoaki Makino baru yang keempat diterima Jepang di Rusia, sementara Senegal mendapatkan enam sehingga poin fair play Jepang lebih tinggi ketimbang Singa-Singa Teranga.

Halaman
12
Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved