Kota Yogyakarta

BBPOM Yogya Pantau Bahan Makanan Berbahaya di Pasar Beringharjo

BBPOM Yogyakarta melakukan pantauan kepada beberapa bahan makanan yang ada di Pasar Beringharjo.

BBPOM Yogya Pantau Bahan Makanan Berbahaya di Pasar Beringharjo
TRIBUNJOGJA.COM / Rizki Halim
Petugas Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Yogyakarta, saat mengecek beberapa sampel makanan di pasar beringharjo, Kamis (28/6/2018) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Yogyakarta, Kamis (28/6/2018) melakukan pantauan kepada beberapa bahan makanan yang ada di Pasar Beringharjo.

Tinjuan tersebut merupakan aktifitas rutin yang dilakukan oleh BBPOM Yogyakarta, guna mengecek ada tidaknya bahan makanan berbahaya yang turut dijual oleh para pedagang.

Beberapa bahan pangan yang dicek meliputi aneka ikan asin dan teri, lempeng serta aneka krupuk lainnya.

Kepala Seksi Layanan Informasi Konsumen BBPOM Yogyakarta, Soesie Istyorini menuturkan pada kesempatan tersebut pihaknya mengecek ada tidaknya kandungan formalin dan pewarna tekstil pada berbagai bahan makanan.

"Pengecekan yang dilakukan pada sampel yang dikumpulkan meliputi kandungan formalin dan rodhamin B," jelas Isty.

Sementara itu, seorang pedagang di Pasar Beringharjo, Sutrisno mengaku tidak menjual beberapa jenis ikan teri seperti teri nasi di tokonya, dikarenakan banyaknya kasus temuan kandungan formalin yang ditemukan pada produk teri tersebut.

"Sudah beberapa waktu terakhir tidak jual beberapa jenis teri, soalnya banyak formalinnya, mungkin bakal nyetok lagi kalau ada yang menawarkan non (formalin)," tutur Sutrisno. (*)

Penulis: Rizki Halim
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved