Breaking News:

Pilkada Serentak

Tidak Akui NKRI, Dua Narapidana Teroris di Kota Magelang Tolak Nyoblos

Dua orang narapidana terorisme di Lapas IIA Kota Magelang menolak memilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah tahun 2018.

Istimewa
Suasana pemungutan suara Pilgub Jateng 2018 di TPS 15 (Khusus) di Lapas 2A Kota Magelang, Rabu (27/6/2018). Tampak puluhan narapidana tengah mengantri untuk mencoblos. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM – Dua orang narapidana terorisme di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) IIA Kota Magelang menolak memilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah tahun 2018, Rabu (27/6/2018).

Mereka malah berdiam diri di dalam sel meski diberikan kesempatan mencoblos.

Dua orang narapidana terorisme tersebut yakni Gus Karman yang terlibat kasus pengeboman Mapolres Surakarta tahun 2016 lalu yang dipidana empat tahun enam bulan.

Satu orang napi lagi atas nama Triyo Safrido, pelaku rencana penyerangan roket ke Singapura pada tahun 2016 dipidana hukuman tiga tahun penjara.

Ketua KPPS TPS 15 (Khusus) di Lapas 2A Kota Magelang Yudi Winardi, mengatakan, keduanya menolak mencoblos karena pandangan dari ideologi mereka yang tidak mengakui Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca: Belasan Napi Polres Magelang Turut Memilih di Dalam Rutan

"Mereka ini sudah disosialisasikan, diberikan kesempatan, tapi menolak mencoblos. Mereka tidak mengakui NKRI, tak kooperatif, tidak mau ikut apel, upacara atau sosialisasi," ujar Yudi.

Yudi mengatakan, TPS 15 merupakan TPS khusus di wilayah Kelurahan Cacaban, Kecamatan Magelang Tengah, yang difasilitasi KPU Kota Magelang diperuntukkan bagi narapidana di Lapas IIA Kota Magelang.

"Jumlah DPT di TPS ini sebanyak 508 orang, terdiri dari DPT C6 sebanyak 378, DPT tambahan 90 orang, dan pemilih yang menggunakan surat keterangan 42 orang," ujar Yudi. (tribunjogja)

Penulis: Rendika Ferri K
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved