Kota Yogyakarta

Trotoar Jangan Mengurangi Kapasitas Jalan

Ketua Komisi C DPRD Kota Yogyakarta, Christiana Agustiani meminta agar penataan kawasan Kotabaru diperhatikan.

Trotoar Jangan Mengurangi Kapasitas Jalan
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi memberikan potongan tumpeng pada Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Ketua Komisi C DPRD Kota Yogyakarta, Christiana Agustiani meminta agar penataan kawasan Kotabaru diperhatikan.

Ia mendukung upaya Pemkot Yogya untuk mengubah gaya bangunan taman dan trotoar menjadi kekinian asalkan tidak membuat ruas jalan menjadi makin sempit.

"Kalau trotoar dibuat besar dan jalan jadi sempit akan menimbulkan masalah baru yakno kemacetan," ungkapnya, Selasa (26/6/2018).

Ia menuturkan bahwa dirinya pada periode sebelumnya telah mengusulkan agar trotoar dibuat menarik dan tidak monoton.

Hal tersebut nantinya akan mampu menarik minat masyarakat untuk lebih memilih berjalan kaki daripada menggunakan kendaraan pribadi.

"Kalau di luar negeri jalan kaki sudah jadi gaya hidup. Harapannya semoga di sini bisa menerapkan hal serupa," tambahnya.

Setelah melihat penataan kawasan Kotabaru, khususnya revitalisasi trotoar di Suroto, Ana sapaan akrabnya, memberikan apresiasi kepada Pemkot Yogya.

Menurutnya jika benar gambaran tersebut nantinya diwujudkan secara nyata di Suroto, maka akan menghasilkan tatanan kota yang luar biasa.

"Kalau yang saat ini, menurut saya memang kurang menarik untuk jalan kaki. Padahal di sana itu sudah sangat rindang kalau untuk pejalan kaki," urainya.

Namun politisi Partai Gerindra tersebut berpesan agar nantinya trotoar tersebut berfungsi sebagaimana mestinya.

Bukan hanya menjadi jujugan untuk nongkrong maupun berswafoto karena akan menimbulkan kemacetan dan munculnya parkir liar.

"Kalau memang mau ke sana, parkir di tempat yang sudah ada. Misalkan ada perpustakaan, kafe, dan sebagainya. Jalan di sana sangat ramai, ketika parkir sembarangan akan sangat mengganggu lalu lintas," ucapnya.(*)

Penulis: Kurniatul Hidayah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved