Bantul

Wisata Pantai Sisi Barat Bantul Alami Lonjakan Pengunjung

Terbukti, terdapat lonjakan pengunjung yang signifikan di pantai yang berdampingan langsung dengan Jalan Jalur Lintas Selatan (JJLS) ini.

Wisata Pantai Sisi Barat Bantul Alami Lonjakan Pengunjung
tribunjogja/agungismiyanto
Ilustrasi: Salah satu sudut pemandangan di Pengklik, Pantai Samas. Pemerintah Kabupaten Bantul menggelontorkan dana sebesar Rp 1,7 miliar untuk pengembangan pesisir Bantul. Pengembangan ini dilakukan dengan cara membangun sentra kuliner Pesona Pengklik di Pantai Samas, Desa Sri Gading, Kecamatan Sanden. 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Kawasan pantai di pesisir selatan Bantul sebelah barat nampaknya mulai dilirik para wisatawan selama libur lebaran kemarin.

Terbukti, terdapat lonjakan pengunjung yang signifikan di pantai yang berdampingan langsung dengan Jalan Jalur Lintas Selatan (JJLS) ini.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, Senin (25/6/2018) siang mengatakan, lonjakan pengunjung di pantai sisi barat Bantul ini terjadi selama sekitar sembilan hari musim libur lebaran kemarin. “Catatan di kita, di Pantai Samas kemarin tembus 101 ribu pengunjung,” katanya.

Baca: Sultan HB X Hadiri Syawalan di Pendopo Parasamya Bantul

Padahal menurut Kwintarto, saat libur lebaran seperti kemarin Pantai Samas hanya dikunjungi sekitar 60 ribu pengunjung.

Artinya, terdapat kenaikan hampir dua kali lipat dibanding sebelumnya.

Kenaikan ini juga terjadi di pantai sisi barat lainnya, seperti Pantai Baru namun terbilang masih wajar.

Naiknya jumlah pengunjung di Pantai Samas ini menurut Kwintarto menjadi bukti bahwa pantai sisi barat Bantul juga mulai memikat wisatawan tidak hanya pantai di sisi timur.

Hal ini dinilai positif, mengingat Dinas Pariwisata Bantul memang ingin tidak terjadi sentralisasi kawasan wisata pantai.

“Itu berarti upaya penataan yang kita lakukan di pantai sisi barat Bantul menunjukkan hasil. Seperti pertemuan kita dengan Pokdarwis setempat beberapa waktu lalu untuk bersama-sama meningkatkan pelayanan mulai dari fasilitas, kualitas makanan sampai kebersihan pantai,” katanya.

Baca: Aksi Menghibur Drag Becak di Car Free Day Bantul

Sementara pantai sisi timur seperti Parangtritis maupun Parangkusumo nampaknya masih menjadi destinasi favorit para wisatawan.

Meski tak mengalami lonjakan cukup signifikan, secara global, pantai sisi timur Bantul ini masih ramai dikunjungi wisatawan. Terbukti, jumlah pengunjung melebihi target.

“Target untuk jumlah kunjungan di kawasan wisata yang dikelola Dinas Pariwisata termasuk kawasan pantai kemarin 300 ribu pengunjung selama musim liburan, sampai Minggu (24/6/2018) sore kita catat sudah ada 366 ribu lebih pengunjung, angka ini melebihi target kita,” kata Kwintarto.

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X di sela-sela acara Syawalan di Pendapa Parasamya kemarin juga sempat meminta Pemerintah Kabupaten Bantul untuk senantiasa memajukan pariwisata lokalnya sebagai daya tarik wisatawan untuk datang.

Pemkab Bantul diminta bekerja ekstra untuk hal ini.

“Kalau ada usulan pengadaan fasilitas atau apapun demi kepentingan kemajuan dunia pariwisata di Bantul silahkan ajukan kepada kami. Pemrov akan berupaya menyediakannya demi kualitas pariwisata Bantul. Seperti pelebaran jalan, atau fasilitas lainnya, silahkan sampaikan,” kata Sultan. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: sus
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved