Internasional

Larangan Dicabut, Secara Resmi Perempuan Boleh Mengemudi di Arab Saudi

Pencabutan larangan mengemudi bagi perempuan merupakan bagian dari program Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman

Larangan Dicabut, Secara Resmi Perempuan Boleh Mengemudi di Arab Saudi
AFP / AMER HILABI
Perempuan Arab Saudi, Daniah al-Ghalbi, yang telah memiliki surat izin mengemudi, melakukan test-drive di Jeddah pada Sabtu (23/6/2018), beberapa jam sebelum pemerintah Saudi resmi mencabut larangan mengemudi bagi perempuan pada tengah malam. 

TRIBUNJOGJA.COM, RIYADH - Setelah kerajaan Arab Saudi resmi mencabut larangannya, para perempuan yang telah memiliki surat izin mengemudi (SIM) kini diperbolehkan menyetir di Arab Saudi.

"Ini merupakan momen bersejarah bagi setiap perempuan Saudi," kata pembaca acara televisi Saudi, Sabika al-Dosari, kepada kantor berita AFP.

Dia mengaku telah merasakan berkendara beberapa menit setelah larangan mengemudi dicabut pada Sabtu (23/6/2018) tengah malam waktu setempat.

"Hari-hari ketika kami menunggu sopir selama berjam-jam telah berakhir," kata mahasiswi jurusan farmasi, Hatoun bin Dakhil, 21 tahun.

Pencabutan larangan mengemudi diterapkan setelah Arab Saudi untuk pertama kalinya merilis surat izin mengemudi bagi kaum hawa pada 4 Juni lalu.

Baca: Kisah Gunung - gunung yang Sudah Punah di Arab Saudi

Walau pemerintah Arab Saudi telah merilis SIM, sebanyak delapan pegiat yang menyuarakan agar perempuan bisa mengemudi ternyata masih ditangkap.

Mereka ditahan bulan lalu dengan dituduh telah "berkhianat" karena bekerja dengan pihak asing.

Loujain al-Hathloul, seorang pegiat yang gencar menyuarakan agar perempuan diperbolehkan mengemudi, diyakini sebagai salah satu figur yang ditangkap.

Al-Hathloul sudah beberapa kali ditahan, termasuk pada 2014 ketika dia berupaya mengemudi melintasi perbatasan menuju Uni Emirat Arab.

Saat itu dia ditahan selama 73 hari di pusat penahanan remaja.

Halaman
12
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved