DIY

Ditlantas Polda DIY Berencana Ikut Terapkan Tes Psikologi dalam Pembuatan SIM Semua Golongan

Menurut peraturan yang berlaku memang menyebutkan jika syarat pembuatan SIM mewajibkan pemohon untuk dalam keadaan sehat baik jasmani dan rohani

Ditlantas Polda DIY Berencana Ikut Terapkan Tes Psikologi dalam Pembuatan SIM Semua Golongan
internet
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pihak Kepolisian, khususnya Polda Metro Jaya baru-baru ini akan memberlakukan tes psikologi bagi pemohon Surat izin Mengemudi (SIM), dan hal itu berlaku bagi semua golongan SIM.

Selain itu, tes psikologi juga berlaku bagi pembuatan SIM baru dan perpanjangan SIM.

Berkenaan dengan hal tersebut, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda DIY berencana akan ikut menerapkannya.

Direktur Ditlantas (Dirlantas) Polda DIY, Kombes Pol. Latif Usman mengatakan bahwa menurut peraturan yang berlaku memang menyebutkan jika syarat pembuatan SIM mewajibkan pemohon untuk dalam keadaan sehat baik jasmani dan rohani.

Di mana untuk mengetahui kesehatan rohani memang dilakukan dengan beberapa tes antara lain tes psikologi.

Baca: Sistem Belum Siap, Polda Metro Jaya Tunda Kebijakan Tes Psikologi untuk Pembuatan SIM

Menurutnya, untuk di wilayah Polda DIY sendiri telah menerapkan tes psikologi terkait pembuatan SIM golongan tertentu.

Kendati demikian, pihaknya juga tidak menutup kemungkinan akan menerapkan hal yang sama, yakni memberlakukan tes psikologi kepada para pemohon SIM semua golongan di DIY.

"Kami masih mengkoordinasikan dan mempersiapkan prasaranannya," katanya kemarin Jumat (22/6/2018).

Sambungnya, untuk mengetahui kesehatan jasmani pemohon SIM memang dapat dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari pihak medis.

Sedangkan untuk kesehatan rohaninya, dapat dilakukan dengan beberapa tes seperti tes psikologi yang akan menilai beberapa aspek antara lain kemampuan konsentrasi, kecermatan, pengendalian diri dan stabilitas emosi.

"Nanti akan ke sana (Tes psikologi untuk semua golongan SIM), karena sesuai aturan kan memang demikian, harus sehat jasmani dan rohani. Untuk sehat rohani ini sarananya dengan tes pskologi," ujarnya.

Baca: Tes Psikologi Bakal Diberlakukan untuk Pembuatan dan Perpanjangan SIM, 4 Hal Ini Perlu Diketahui

Terpisah, Kasat Lantas Polresta Yogyakarta, Kompol Dwi Prasetyo mengatakan, bahwa pihaknya sampai saat ini belum menerima instruksi pasti terkait pembelakuan tes psikologi bagi pemohon SIM semua golongan.

Akan tetapi, diakuinya untuk pemberlakuan tes psikologi terkait pembuatan SIM sudah dilakukan pihaknya sejak lama, meski hanya berlaku bagi SIM golongan tertentu.

"Sementara untuk SIM golongan C masih seperti biasa, seperti uji kompetensi dan kesehatan. Kalau SIM A umum, B1 dan B2 pakai tes psikologi," katanya, Minggu (24/6/2018).

Meski demikian, jika memang tes psikologi akan diberlakukan terhadap pembuatan dan perpanjangan semua golongan SIM, pihaknya tentu menyambut baik dan siap melaksanakannya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: rid
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved