Inspirasi

Kisah Ginan Koesmayadi Melawan Stigma HIV/AIDS, Sempat Diungsikan ke Yogyakarta

Cowok yang akrab disapa Ginan ini berhasil bangkit dari titik terendah dalam hidupnya.

Kisah Ginan Koesmayadi Melawan Stigma HIV/AIDS, Sempat Diungsikan ke Yogyakarta
TRIBUNjabar
Ginan Koesmayadi 

Ginan Koesmayadi, vokalis Jeruji itu, meninggal dunia pada Kamis (21/6). Ia kini sudah tiada, tetapi kisah Deradjat Ginandjar Koesmayadi bakalan selalu bisa jadi inspirasi para pengidap HIV/AIDS, pengguna napza (narkotika, psikotropika, dan zat adiktif) di Indonesia.

Cowok yang akrab disapa Ginan ini berhasil bangkit dari titik terendah dalam hidupnya: ia seorang pemakai narkoba dengan jarum suntik, sampai akhirnya terinfeksi HIV.

Lantas, dirinya mencoba bangkit dan bersama keempat temannya – sesama mantan pecandu – ia mendirikan Rumah Cemara (RC) di kawasan Geger Kalong, Bandung pada tahun 2003.

“Ide mendirikan Rumah Cemara sebetulnya muncul dari kegelisahan kami bahwa tidak ada tempat aman dan nyaman bagi pengidap HIV/AIDS atau pecandu napza untuk berbagi harapan serta motivasi," ujar Ginan dalam sebuah wawancara.

Kegelisahan itu, dirasakan banget ketika ia menjadi pecandu napza jenis suntik sekitar tahun 1997.

Begitu lulus SMA, ia langsung diungsikan keluarganya ke Yogyakarta. Pada masa itu, ia sudah masuk tahap kecanduan, sehingga sering menjual barang dan mencuri demi memuaskan ketagihannya.

Tapi nggak lama ia balik lagi ke kota asalnya, Bandung. “Saya diterima di Universitas Padjajaran.”

Sayang, dirinya udah nggak bisa mengontrol rasa kecanduan. Semua rencana yang udah ia susun selalu berantakan karena kecanduan. “Tuhan saya narkoba.”

Sebenarnya ia sempat ngerasain tinggal pesantren rehabilitasi, tapi ia belum sembuh juga. Cara pemulihan dengan religi nggak cocok dengan jiwanya. Dia kabur, kembali ke jalan, dan beberapa kali sempat ditangkap polisi. “Sendi-sendi kehidupan saya ancur,” akunya.

Akhirnya, Ginan menemukan panti rehabilitasi yang cocok di Bandung. Di situ, ia merasa diterima dan nyaman. “Ada ruang untuk aktualisasi diri.”

Halaman
1234
Editor: iwe
Sumber: Hai
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved