Kota Yogyakarta

Forpi Desak Instansi Terkait Tak Saling Lempar Tanggung Jawab Atasi Sampah di Selatan Stasiun Tugu

Ada beberapa masalah yang perlu disoroti, seperti terbatasnya tempat sampah dan petugas kebersihan

Forpi Desak Instansi Terkait Tak Saling Lempar Tanggung Jawab Atasi Sampah di Selatan Stasiun Tugu
Tribun Jogja/ Rizki Halim
Anggota Forpi Kota Yogyakarta saat melakukan pantauan di pedestrian yang berada di selatan Stasiun Tugu, Jumat (22/6/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Forum Pemantau Independen Pakta Integritas (Forpi) Kota Yogyakarta berharap agar instansi terkait dapat mencari solusi, terkait banyaknya sampah di pedestrian sisi Selatan Stasiun Tugu Yogyakarta.

Hal tersebut menyusul dari hasil pantauan di lapangan yang sudah dilakukan oleh Forpi pada 20 hingga 22 Juni 2018 dan menemukan persoalan sampah masih terjadi hingga saat ini.

Anggota Forpi kota Yogyakarta Bidang Pemantauan dan Investigasi, Baharuddin Kamba, menuturkan pihaknya akan mendorong instansi terkait untuk dapat berkoordinasi mengatasi persoalan tersebut.

Dengan masih banyak sampah berserakan di pinggir jalan, menurutnya harus menjadi perhatian sangat serius dari para pemangku kepentingan untuk segera saling koordinasi, bukan justru lempar tanggungjawab.

"Kita berikan rekomendasi ke Pemkot untuk segera lakukan koordinasi. Jangan sampai persoalan sampah yang berserakan tersebut berlarut-larut dan justru saling lempar tanggungjawab," tutur Kamba, Jumat (22/6/2018).

Mengingat lokasinya yang berada di wilayah DAOP 6 PT KAI, maka dalam hal ini Pemkot diharapkan mampu berkoordinasi dengan pihak Stasiun Tugu.

Lebih lanjut, Kamba menambahkan ada beberapa masalah yang perlu disoroti, seperti terbatasnya tempat sampah dan petugas kebersihan, hal tersebut yang kemudian dianggap sebagai penyebab kumuhnya pedestrian.

"Fasilitas perlu dibenahi dan personel kebersihan perlu ditambah, jika perlu digunakan dana keistimewaan," pungkas Baharuddin Kamba. (*)

Penulis: Rizki Halim
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved