Breaking News:

Sleman

Dinas Sosial Sleman Tertibkan 41 Pengemis Sepanjang Ramadan dan Lebaran Tahun Ini

Titik terbanyak dari pengemis tersebut ada di perbatasan Sleman, seperti Tempel, Gamping dan Prambanan.

Penulis: Siti Umaiyah | Editor: Muhammad Fatoni
www.lintas.me
Ilustrasi 

Laporan Calon Reporter Tribun Jogja, Siti Umaiyah

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Sebanyak 41 pengemis ditertibkan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Sleman selama Ramadan sampai dengan Idul Fitri 1439 H.

Dari 11 kali penertiban yang dilakukan, mulai tanggal 16 Mei sampai dengan 17 Juni 2018, didapati pula lima pengemis yang masih anak-anak. Dua diantaranya berasal dari Kalasan dan Depok, Sleman.

Surono, selaku Kabid Rehabilitasi Dinsos Sleman menyebutkan, dari 41 orang yang ditertibkan, didominasi oleh Waria.

Selain itu, titik terbanyak dari pengemis tersebut ada di perbatasan Sleman, seperti Tempel, Gamping dan Prambanan.

"Jumlah keseluruhan 41. Kebanyakan luar Yogya asalnya, ada beberapa juga yang dari Yogya. Titik terbanyak di Prambanan, Gamping, dan Tempel. Kalau di Denggung biasanya pengamen yang turun dari bus. Kebanyakan juga Waria. Anak-anak ada 5 orang," ungkapnya.

Surono menerangkan, selain waria dan anak-anak, Dinsos juga mendapati pengemis Ibu dan anak saat penertiban. Ibu dan anak tersebut berasal dari Temanggung.

"Ditanya alasan dari Ibu tersebut mengajak anaknya untuk mengemis tidak lain untuk mencari biaya untuk operasi anaknya yang lain yang memiliki bibir sumbing. Dari Temanggung. Mereka kesini naik motor. Langsung kita pulangkan ke Temanggung," terangnya.

Selain pengemis, Dinsos Sleman juga mendapati tiga orang yang terlantar akibat kehabisan bekal saat mudik. Ketiga orang tersebut berasal dari Kalimantan, Bekasi, dan Banten.

"Terlantar ada tiga orang dari Kalimantan, Bekasi, dan Banten. Kita berikan bantuan perjalanan pulang. Ada juga satu orang yang terlantar yang meninggal dan tidak memiliki saudara. Waktu dikirim kesini sudah lemas. Kita makamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Sayegan," ungkapnya.

Sri Murni Rahayu, selaku Kepala Dinsos Sleman mengatakan, para pengemis yang ditertibkan langsung diserahkan ke Dinsos DIY untuk dilakukan pembinaan. (*)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved