Kota Yogyakarta

Basarnas DIY Siagakan Personel di Sejumlah Obyek Wisata Selama Musim Libur Lebaran

Hal itu dilakukan guna mencegah hal-hal yang tak diinginkan menimpa para wisatawan di beberapa obyek wisata, khususnya pantai.

Basarnas DIY Siagakan Personel di Sejumlah Obyek Wisata Selama Musim Libur Lebaran
IST
Tim Search And Rescue (SAR) dari Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Daerah Istimewa Yogyakarta, memfokuskan pengamanan di tempat-tempat rekreasi di Pantai Selatan. Ada puluhan Rescuer Kantor Basarnas D.I.Yogyakarta yang disebar di sejumlah pantai yang selama ini menjadi tujuan rekreasi masyarakat. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Selama musim libur Lebaran kali ini, Basarnas DIY terus melakukan beberapa langkah antisipasi untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Hal itu dilakukan guna mencegah hal-hal yang tak diinginkan menimpa  para wisatawan di beberapa obyek wisata, khususnya pantai.

Beberapa upaya yang dilakukan oleh Basarnas DIY antara lain dengan menyiagakan para personelnya di beberapa pantai Selatan DIY.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Yogyakarta Basarnas DIY, Supriono, menuturkan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan pantauan secara berkala.

"Kita melakukan pantauan mobile di Pantai Parangtritis, Depok dan Parangkusumo, kita juga menempatkan tim di Kulonprogo pada sungai Bogowonto untuk memantau situasi perairan di Kulonprogo dan sekitarnya," urai Supriono, (22/6/2018).

Sementara itu, terkait titik mana saya yang dianggap rawan, Supriono menuturkan tidak ada lokasi pantai yang mendapat pengawasan secara khusus.

Hal tersebut dikarenakan, kontur pantai selatan yang hampir sama yaitu terkenal dengan karakter ombak tingginya, sehingga menurutnya tidak ada lokasi khusus yang patut diwaspadai.

Dengan harapan, dengan pengawasan secara menyeluruh oleh Basarnas, dapat meminimalisir angka kecelakaan pada beberapa obyek wisata di Yogyakarta.

"Basarnas dengan satuan instansi lainnya bertujuan untuk memberikan rasa nyaman bagi wisatawan di Yogyakarta," tegas Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Yogyakarta Basarnas DIY. (*)

Penulis: Rizki Halim
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved