Ini Dia Makna dan Kisah Panjang Sejarah Ziaran

Setiap Lebaran pertama atau kedua saya bersama isteri, kedua anak dan ibu pasti nyekar ke makam ayah.

Ini Dia Makna dan Kisah Panjang Sejarah Ziaran
Tribun Jogja/Hari Susmayanti
Ilustrasi Ziarah 

TRIBUNJOGJA.COM - Ismet (45) duduk bersimpuh di tanah. Tangan kanannya menyentuh bunga-bunga yang ada di makam ayahnya di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Joglo, Kembangan, Jakarta Barat.

Dengan posisi seperti itu, pria yang tinggal di Cisuak, Serpong, Tangerang Selatan itu terlihat khusyuk melafalkan doa di dalam hati untuk almarhumah ayahnya yang meninggal dua tahun silam.

Masih di makam yang sama, tepat di depan Ismet ada Amin (32) bersama putranya.

Dia juga terlihat merapalkan doa di dalam hati. Pria yang tinggal di Ciledug itu adalah saudara ipar Ismet. Dia datang bersama isteri dan kedua anaknya.

"Sudah menjadi tradisi, setiap hari Lebaran pertama atau kedua, kami sekeluarga yang terdiri dari delapan orang anak pasti kumpul di kompleks TPU ini. Kami tunggu-tungguan di sini," ucap Ismet yang merupakan anak kedua dari 8 bersaudara ini kepada Kompas.com, Jumat (15/6/2018).

Selain nyekar atau mengunjungi makam ayah pada Hari Raya Idul Fitri pertama, Ismet sekeluarga dan 7 keluarga saudaranya juga mengunjungi makam ibu mereka di TPU Joglo. Lokasinya pun tak jauh dari makam ayah mereka.

Tak hanya Ismet dan keluarga, pada Hari Pertama Lebaran ini ada banyak keluarga lain di TPU itu yang mengunjungi makam anggota keluarga mereka.

"Setiap Lebaran pertama atau kedua saya bersama isteri, kedua anak dan ibu pasti nyekar ke makam ayah, kakek dan nenek di TPU Joglo," kata Yudha (37), yang tinggal di Lumajang, Jawa Timur. Hal yang sama dikatakan Muniroh.

Bersama kedua anaknya, warga Bekasi itu juga ziarah ke makam almarhum suaminya yang meninggal 2 tahun lalu.

Tak hanya di hari Lebaran, ibu yang menggunakan kerudung merah dan berpakaian hitam itu mengaku hampir setiap bulan mengunjungi makam alamarhum sang suami.

Halaman
12
Editor: ribut raharjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved