Idul Fitri 1439 H

Asal Mula Ibadah Salat Id di Gumuk Pasir Parangkusumo

Eksotisnya lokasi ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pemudik dan wisatawan yang ingin merasakan beribadah di hampiran pasir bak Padang Arafah

Asal Mula Ibadah Salat Id di Gumuk Pasir Parangkusumo
IST
Suasana Salat Ied di Gumuk Pasir Parangkusumo, Jumat (15/6/2018) 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Gumuk Pasir Parangkusumo tetap menjadi salah satu tempat yang dituju bagi warga Parangtritis dan sekitarnya untuk melaksanakan salat Idul Fitri.

Tak hanya penduduk sekitar, eksotisnya lokasi ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pemudik dan wisatawan yang ingin merasakan sensasi beribadah di hampiran pasir bak Padang Arafah.

Humas Pengurus Ranting Muhammadiyah (PRM) Parangtritis Nur Joko dijumpai seusai Salat Idul Fitri, Jumat (15/6) menceritakan, awalnya penduduk di pesisir Parangtritis beribadah secara berpindah saat hari raya besar umat Islam.

Seperti di Lapangan Parangkusumo, Lapangan Kretek, dan Lapangan Depok.

Hingga pada tahun 1992, masyarakat dikumpulkan ke Gumuk Pasir Parangkusumo untuk menunaikan ibadah Salat Idul Fitri maupun Salat Idul Adha.

Kemudian pada tahun 2003, Lurah Parangtritis saat itu, yakni Wasir Nuri secara menggagas kepengurusan hari raya besar umat Islam di bawah Ranting Muhammadiyah Parangtritis.

Ia kemudian mengelola secara serius agenda keagamaan terkhusus berkaitan dengan salat berjamaah yang dipusatkan di Gumuk Pasir Parangkusumo.

Baca: Ribuan Umat Muslim Laksanakan Salat Ied di Alun-alun Wonosari

"Akhirnya jamaah yang berasal dari 11 padukuhan di Parangtritis ketika akan Salat Id ataupun Salat Idul Adha terus di Gumuk Pasir Parankusumo ini. Dipusatkan di sini untuk memparsatukan warga dan agar bisa mudah membuat saf," ujar Nur Joko.

Kini diakui Nur Joko, animo jamaah di Gumuk Pasir Parangkusumo tak hanya berasal dari warga sekitar saja, namun ada pula pemudik yang berasal dari luar Parangtritis, termasuk wisatawan.

Menurutnya hal ini lantaran berkembangnya sosial media yang banyak mengunggah keindahan menjalankan ibadah di Gumuk Pasir Parangkusumo.

Halaman
12
Penulis: nto
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved