Bantul

Izin Stadion Sultan Agung Bantul Akan Diperketat

Disdikpora akan lebih ketat menyeleksi klub mana yang boleh bermain di SSA dengan menimang potensi gesekan antara suporter tim yang bertanding.

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bantul akan mengambil langkah konkret untuk merespon kerusuhan sampai jatuh korban luka yang terjadi di Stadion Sultan Agung (SSA) antar dua kelompok suporter Persija Jakarta dan Persebaya Surabaya akhir pekan lalu.

“Kerusuhan kemarin terjadi di stadion. Tapi masyarakat sekitar stadion dirugikan. Bahkan sampai setiap tapak (jalur) suporter di perempatan lampu merah di luar lingkungan stadion juga ada masalah karena keberadaan suporter ini,” kata Kepala Disdikpora Bantul, Didik Warsito, Selasa (5/6/2018).

Atas hal ini, sesuai arahan bupati, Didik akan melakukan evaluasi terkait izin pemakaian SSA untuk pertandingan sepakbola ke depan.

Artinya, Disdikpora kali ini akan lebih ketat dalam menyeleksi klub mana yang boleh bermain di SSA dengan menimang potensi gesekan antara suporter tim yang bertanding.

Didik tak menutup mata, bahwa sebenarnya ada suporter sepakbola sungguhan yang tertib dan taat aturan.

“Kalau suporter asli itu kan relatif tertib. Nanti kita komunikasi dengan bupati dan kapolres untuk meminta rekomendasi. Arah kita adalah identifikasi suporter untuk diseleksi,” kata Didik.

Disdikpora tak segan melarang kelompok suporter tertentu yang memang punya track record buruk dalam memberikan dukungan ke timnya.

Termasuk bonek, sebutan kelompok suporter Persebaya yang sempat dikeluhkan warga sekitar stadion menimbulkan keresahan karena bertindak tak terpuji.

“Kalau ada suporter yang justru lebih banyak mendatangkan mudarat (sesuatu yang tidak menguntungkan) lebih baik kalau tidak kita beri izin timnya bermain di Bantul. Yang jelas pendapatan dari stadion bukan target kami, yang paling utama adalah ketentraman warga Bantul sendiri,” kata Didik.

Bupati Bantul, Suharsono secara khusus menyayangkan ulah bonek yang menimbulkan keresahan di Bantul ketika Persebaya bermain di SSA.

Halaman
12
Penulis: sus
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved