Bawang Merah

Dorong Peningkatan Produksi Bawang Merah, Pemkab Beri Dua Traktor pada Petani

Dorong Peningkatan Produksi Bawang Merah, Pemkab Beri Dua Traktor pada Petani

Dorong Peningkatan Produksi Bawang Merah, Pemkab Beri Dua Traktor pada Petani
KOMPAs.com
Petani bawang merah. 

TRIBUNJOGJA.COM - Dua unit traktor diberikan Pemerintah Kabupaten Kulonprogo kepada kelompok petani bawang merah di Desa Srikayangan, Sentolo.

Bantuan peralatan itu diharapkan bisa mempercepat pengolahan lahan tanam bawang merah seluas 250 hektare di desa tersebut.

Adapun para petani bawang merah di Srikayangan sudah mulai mengolah lahan sejak dua bulan lalu sebagai persiapan memasuki masa tanam pertama.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kulonprogo, Bambang Tri Budi, Minggu (3/6/2018), mengatakan lahan tersebut biasanya dikerjakan secara manual oleh petani dan butuh waktu cukup lama.

Baca: Sempat Diundur Karena Tidak Ada Izin Kepolisian, Aksi Bela Bangsa Akhirnya Digelar Sore Ini

Setidaknya, untuk menuntaskan lahan tanam komoditas unggulan Kulonprogo seluas 250 hektare itu secara manual butuh waktu lebih dari sebulan.

Sedangkan kalau menggunakan traktor roda empat hanya butuh waktu kurang dari dua minggu dan bisa menghemat pengeluaran biaya.

"Kami sudah memberikan bantuan dua unit traktor roda empat kepada petani dan sekarang sudah dipakai untuk mengolah lahan. Sehingga, waktu pengolahan lahan jadi lebih singkat," kata Bambang. (tribunjogja)

Penulis: ing
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved