Lifestyle

Ungkap Kasus Pelecehan Seksual Melalui Film Dokumenter Angka jadi Suara

Film ini menceritakan tentang perjuangan para pekerja wanita di KBN yang melawan pelecehan seksual di tempat kerja.

Ungkap Kasus Pelecehan Seksual Melalui Film Dokumenter Angka jadi Suara
IST
potongan film dokumenter angka jadi suara 

TRIBUNJOGJA.COM - Angka jadi Suara, satu film dokumenter yang diproduksi oleh para pekerja wanita di KBN (Kawasan Berikat Nusantara).

Film ini menceritakan tentang perjuangan para pekerja wanita di KBN yang melawan pelecehan seksual di tempat kerja.

Dian Septi Trisnanti, sutradara film ini menjelaskan latar belakang tercetusnya film ini setelah pihaknya mendapati adanya kasus pelecehan seksual di lingkup perburuhan, tepatnya di KBN Cakung.

"Sebagai serikat buruh yang concern dengan hak buruh perempuan dengan mayoritas pengurus pusat adalah perempuan, kami menerima pengaduan soal buruh perempuan, termasuk pelecehan seksual," ujarnya, Sabtu (2/6/2018).

Baca: Dian Sastro Kembali Berpasangan dengan Nicholas Saputra di Film Terbarunya

Dari penelusurannya, kasus pelecehan seksual di tempat kerja adalah kejahatan sunyi yang memakan korban banyak namun sulit diungkap dan disuarakan karena dukungan masyarakat masih minim dengan stigma pada korban yang masih lekat.

Korban lebih banyak dipersalahkan sehingga seringkali menjadi korban berkali–kali. Hal itu membuat korban memilih diam.

Film ini sebagai media yang mengungkap fakta apa yang terjadi dalam sebuah kawasan industri.

Pada tahun 2014, Radio Marsinah FM yang didirikan oleh FBLP mengadakan pelatihan film dokumenter yang kemudian menghasilkan pemikiran untuk mempraktekkan ilmu yang didapat dengan membuat film yang diproduksi para buruh perempuan sendiri.

Film ini berproses sejak tahun 2016, di mana para buruh perempuan memulai dengan membuat naskah, alur cerita, pengambilan gambar hingga proses editing.

Baca: Program Docs by The Sea untuk Atasi Hambatan yang Ada pada Industri Film Dokumenter

"Kejahatan sunyi ini mendorong kami untuk menyuarakan suara korban pelecehan seksual di tempat kerja dengan membuat film dokumenter ini, mendokumentasikan proses perjuangan Komite Buruh Perempuan untuk memasang plang bebas dari pelecehan seksual di kawasan industri KBN Cakung, yang juga merupakan yang pertama di Indonesia," ucapnya.

Film Angka Jadi Suara, sudah diputar sebanyak 70 kali di berbagai daerah, termasuk di kalangan buruh perempuan KBN Cakung.

Melalui film ini pula akhirnya terbentuklah Posko Pembelaan Buruh Perempuan KBN Cakung.

Sementara itu Amarta Kusuma, pendamping buruh di sana mengatakan film ini juga sebagai bentuk media pembelajaran bagi temen-teman buruh sendiri.

Menurutnya, film ini sebagai bahan pemicu agar mereka tahu bentuk-bentuk pelecehan seksual.

"Film ini adalah cara untuk menceritakan masalah ini, karena tidak mudah bagi korban untuk bercerita karena rasa trauma mereka," ungkapnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: nto
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved