Breaking News:

Bantul

Kreatif, Pemuda Desa Muntuk Bantul Ini Olah Limbah Bambu Jadi Kerajinan Boneka Bernilai Ekonomis

Dari kerajinan ini pula limbah bambu bisa memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi.

Tribun Jogja/ Ahmad Syarifudin
Hasil kreasi pemuda desa Muntuk dari limbah bambu diolah menjadi kerajinan boneka Bambu. 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Limbah bambu biasanya dibiarkan tergeletak tak terpakai, hanya dibuang dan berakhir ditempat pembakaran menjadi abu.

Namun berbeda dengan sekelompok pemuda di Sanggar Sinongko, Dusun Tangkil Rt 3, Desa Muntuk, Dlingo Bantul.

Ditangan kreatif anak muda, limbah-limbah bambu yang awalnya tak terpakai itu bisa disulap menjadi aneka kerajinan boneka bambu yang menarik.

Dari kerajinan ini pula limbah bambu bisa memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi.

Ditemui Tribun Jogja di rumah produksi yang dinamakan Sinongko, puluhan pemuda itu terlihat tengah asyik berkreasi dari olahan limbah bambu menjadi aneka bentuk kerajinan.

Terlihat paling banyak dibuat di rumah produksi Sinongko ini sebuah kerajinan yang dinamakan boneka bambu. Bambu-bambu yang sudah tak terpakai itu dipotong sedemikian rupa dan dikreasi membentuk pola anak anjing dan kuda.

Bukan hanya boneka bambu, ditempat produksi ini pula dibentuk aneka kerajinan lain seperti cangkir, gantungan kunci, gelang tangan hingga tempat pensil. Semua kerajinan itu menggunakan bahan dasar dari Bambu.

Ketua pemuda, Ivan Gunawan, mengatakan, ide awal pembuatan aneka kerajinan dari Bambu berawal dari keprihatinan dan coba-coba, karena melihat limbah bambu cukup melimpah di desa Muntuk, namun dibiarkan tergeletak tak terpakai.

"Kami mencoba untuk memanfaatkan limbah itu untuk dibuat kerajinan, souvernir yang simpel, tapi memiliki harga jual lebih," katanya, Sabtu (02/6/2018)

Tujuan dari pemanfaatan limbah bambu sebagai bahan kerajinan, tidak lain karena ingin meningkatkan harga jual limbah bambu yang biasanya dibakar atau dibuang menjadi kreasi yang unik.

Halaman
123
Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved