DIY

KADIN DIY Jajaki Kerjasama dengan Pemda DIY

Salah satunya, dengan memperkuat program triple helix, atau kolaborasi antara pemerintah, pengusaha, dan akademisi.

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kamar Dagang dan Industri (KADIN) DIY menjajaki kerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) DIY, terkait pelatihan pola leadership enterpreneur untuk semua pihak di Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Wakil Ketua KADIN DIY, Gonang Djuliastono, mengatakan bahwa pada Kamis (30/5/2018) lalu, pihaknya sudah melaporkan berbagai program kerjasama, baik yang telah dilakukan, maupun yang masih wacana, termasuk bagaimana peran OPD itu.

"Kami mendapat masukan dari Gubernur DIY, untuk menggelar pelatihan terkait pola leadership enterpreneur untuk semua pihak di OPD," katanya.

Baca: BI, ISEI dan Kadin Dorong UKM Go Online

"Maunya nanti kalau ada program kerjasama, apapun bentuknya, bisa langsung terhubung, tahulah harus seperti apa dan bagaimana, karena memang sudah paham dunia usaha," tambah Gonang.

Selanjutnya, KADIN DIY juga diminta untuk terlibat secara aktif, dalam mendorong pengembangan ekonomi di DIY.

Salah satunya, dengan memperkuat program triple helix, atau kolaborasi antara pemerintah, pengusaha, dan akademisi. 

Baca: Kadin DIY Lakukan Kerjasama Triple Helix

"Itu juga dalam rangka menggabungkan teman-teman usaha yang dari hanya punya investasi kecil, lalu dikumpulkan, sehingga bisa besar dan bisa turut berpartisipasi dalam proyek investasi yang besar," jelasnya.

Mengenai kerja sama triple helix, Gonang mengungkapkan, program yang sudah berjalan ialah dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY, yakni program magang.

Dalam kerja sama itu, penguatan sumber daya manusia menjadi sasaran utama, guna meningkatkan daya saing.

"Kami pun melakukan sertifikasi, untuk memastikan kualifikasi karena kebanyakan lulusan, baik perguruan tinggi, vokasi, maupun SMK, biasanya tidak langsung bekerja di pemerintahan, tapi ke swasta dulu," pungkasnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: aka
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved