Gunungkidul

Pendaftaran Caleg Pemilu 2019 Dibuka 4 - 18 Juli

Pendaftaran caleg pada pemilu 2019 akan dilangsungkan pada tanggal 4-18 juli 2018, dan harus memenuhi beberapa kriteria.

Pendaftaran Caleg Pemilu 2019 Dibuka 4 - 18 Juli
internet
KPU

Laporan Calon Reporter Tribun Jogja, Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM,GUNUNGKIDUL - Pendaftaran caleg pada pemilu 2019 akan dilangsungkan pada tanggal 4-18 juli 2018, dan harus memenuhi beberapa kriteria.

Hal tersebut dikatakan oleh Ketua KPU Kabupaten Gunungkidul, Zaenuri Ikhsan saat dihubungi Tribunjogja.com, Selasa (29/5/2018).

"Pendaftaran dimulai 4 sampai 18 Juli, dan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi seperti lebih dari 21 tahun, sudah tidak aktif sebagai PNS, tidak memakai narkotika, dan lainnya," tuturnya.

Selain itu ada kuota khusus untuk caleg perempuan yang harus dipenuhi oleh partai politik yang mengikuti oemilu pada tahun 2019 nanti.

"Dari pemilu lalu tahun 2014 sudah wajib minimal 30 persen caleg perempuan, jadi setiap tiga calon legislatif satunya adalah perempuan," tuturnya.

Sementara itu Ketua DPW Partai Nasdem Kabupaten Gunungkidul, Bardi mengatakan nasdem memperbolehkan masyarakat umum untuk menjadi caleg melalui partainya.

"Nasdem tidak eksklusif rekrutmen bakal calon legislatif dari kader partai, pengurus partai, maupun umum asalkan memiliki kualitas," tuturnya.

Disinggung mengenai maraknya PNS yang mengundurkan diri atau pensiunan untuk maju sebagai calon legislatif, ia mengaku sudah ada beberapa yang mendaftarkan.

"Ada beberapa pensiunan PNS yang sudah bergabung bersama kami," tuturnya.

Terpisah, Sekretaris DPD Partai Nasdem Gunungkidul, Agustinus mengatakan, pihaknya telah mencukupi peraturan 30 persen caleg perempuan.

"Caleg perempuan di partai kami sudah mencukupi bahkan lebih, di tiap dapil caleg perempuan kami berjumlah 40 persen sedangkan KPU peraturannya 30 persen," tuturnya.(*)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved