Ngaji Sehat on Facebook

Ingin Tetap Bugar Saat Berpuasa? Simak Tips Olahraga Berikut Ini

Yang perlu diperhatikan ketika berolahraga pada saat berpuasa adalah pemilihan waktunya

Ingin Tetap Bugar Saat Berpuasa? Simak Tips Olahraga Berikut Ini
Tribun Jogja/ Noristera Pawestri
Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga RS JIH, dr Muh Ikhwan Zein SpKO 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Saat berpuasa mungkin kita mencoba mengurangi aktifitas tubuh yang berat, seperti berolahraga misalnya.

Padahal, olahraga merupakan satu di antara beberapa cara untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar.

Lalu bagaimana olahraga yang dianjurkan pada saat puasa?

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga RS JIH, dr Muh Ikhwan Zein SpKO, mengatakan yang perlu diperhatikan ketika berolahraga pada saat berpuasa adalah pemilihan waktunya, yakni yang mendekati buka puasa atau setelah berbuka.

"Ada beberapa orang yang melakukan olahraga setelah sahur, misalnya keliling komplek setelah subuh itu boleh dilakukan selama intensitasnya ringan atau sangat ringan dan durasinya pendek," ujar Ikhwan pada Selasa (29/5/2018).

Namun apabila olahraga dilakukan dengan intensitasnya sedang atau berat dengan durasi waktu yang lama dan dilakukan pada pagi hari dengan jarak menuju buka puasa jauh, dikhawatirkan dapat mengganggu ibadah puasanya karena bisa menyebabkan dehidrasi.

"Jadi waktunya sebelum berbuka atau sesudah berbuka. Setelah sahur pun bisa tapi intensitasnya harus sangat ringan, misalnya jalan keliling komplek, 20 menit sih dianjurkan. Tapi kalau lebih dari itu tidak dianjurkan, karena resiko besar dehidrasi atau gula darah turun," lanjutnya.

Ia menambahkan, saat puasa pun lebih direkomendasikan melakukan olahraga indoor, apalagi ada AC, karena itu dapat mengurangi resiko dehidrasi dibandingkan olahraga di luar.

Lebih lanjut ia menjelaskan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat olahraga yakni melihat kesehatan individu tersebut, apakah terdapat diabetes atau hipertensi.

Halaman
12
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved