Gunungkidul

Fasilitas untuk Difabel di Rusunawa Wonosari Dirasa Masih Kurang

Ia juga mengungkapkan, rusunawa tergolong jauh dari kawasan pertokoan, sehingga membuatnya kesulitan untuk mencari kebutuhan sehari-hari

Fasilitas untuk Difabel di Rusunawa Wonosari Dirasa Masih Kurang
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri
Seorang pengendara kendaraan bermotor melintas di depan Rusun Sederhana Sewa Karangrejek, Wonosari, Gunungkidul yang sepi, Jumat (22/9). 

Laporan Calon Reporter Tribunjogja Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM,GUNUNGKIDUL - Meskipun lantai 1 Rumah Susun Sewa (Rusunawa) yang beralamatkan di desa Karangrejek, kecamatan Wonosari diperuntukkan bagi para penyandang disabilitas (difabel), akan tetapi fasilitas difabel masih sangat minim.

Merza, satu diantara penghuni Rusunawa lantai satu mengungkapkan, dirinya kesulitan untuk memasuki rusunawa, dirinya harus rela berjalan karena kursi roda yang biasanya ia pakai tidak dapat menuruni tangga.

"Fasilitas difabel belum ada agak ribet, kesulitan yang dialami adalah akses jalan jauh sementara ini kursi roda tidak bisa dipakai," terangnya saat ditemui Tribunjogja (21/5/2018).

Ia juga mengungkapkan, rusunawa tergolong jauh dari kawasan pertokoan, sehingga membuatnya kesulitan untuk mencari kebutuhan sehari-hari.

Baca: Ledakan Terdengar di di Rusunawa Wonocolo Taman Sidoarjo

"Harapannya ke depan dapat dibangun fasilitas bagi difabel dan dibangun semacam mini market karena jauh dari pertokoan sulit untuk mencari kebutuhan sehari-hari," terangnya.

Sementara itu Kepala UPT Rusunawa Nurgiyanto membenarkan bahwa rusunawa sejak dibangun kurang dengan fasilitas difabel.

"Sejak pembangunannya dari kementrian memang seperti itu fasilitas bagi difabel hanya berupa jalan yang di depan itu, maka dari itu difabel diberikan rusun yang berada di lantai satu," ungkapnya.

Disinggung mengenai apakah akan dibangun fasilitas tambahan bagi kaum difabel pihaknya tidak bisa menjanjikan hal tersebut.

"Kami tidak bisa menjanjikan hal tersebut karena itu menyangkut dana pembiayaan, kami hanya bisa mengusulkan. Tahun ini kami sudah mengusulkan pembangunan pagar bumi dan pos satpam," tuturnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved