Breaking News:

Kota Yogyakarta

Menteri Perhubungan Anjurkan Masyarakat Mudik Gunakan Moda Transportasi Umum

Pihaknya menganjurkan masyarakat untuk melakukan mudik dengan moda transportasi lainnya seperti bus maupun kereta.

Penulis: Rizki Halim
Editor: Muhammad Fatoni
Tribun Jogja/ Rizki Halim
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berbincang dengan penunmpang di Stasiun Tugu Yogyakarta, Sabtu (19/5/2018) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rizki Halim

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, terus mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan mudik dengan menggunakan sepeda motor.

Bukan tanpa alasan, hal tersebut tidak terlepas dari data yang dimiliki Kementrian Perhubungan, dimana mayoritas kecelakaan darat, saat ini masih banyak disebabkan oleh kendaraan roda dua.

"Sepeda motor ini berisiko untuk digunakan mudik, bahkan dibuktikan dalam research kita, 70 persen kecelakaan selama 2 tahun berturut-turut itu disebabkan karena motor," ujar Menhub usai melakukan pengecekan kesiapan mudik di Stasiun Tugu, Sabtu (19/5/2018).

Oleh karena itu, pihaknya menganjurkan masyarakat untuk melakukan mudik dengan moda transportasi lainnya seperti bus maupun kereta.

"Ya sudah lebih baik naik kereta api atau naik bis agar lebih aman," imbuhnya.

Lebih lanjut, dirinya juga mengungkapkan bahwa kesiapan jalur darat sudah mumpuni untuk digunakan mudik tahun ini.

Bahkan melalui persiapan yang sudah dilakukan Kementerian Perhubungan sejak Januari lalu, Budi memberikan rekomendasi kepada pemudik untuk bisa menggunakan jalur reguler dan tidak perlu melewati jalur bebas hambatan (tol).

Hal tersebut dimaksudkan agar nantinya masyarakat memiliki alternatif, sehingga arus kendaraan tidak akan menumpuk pada satu jalur saja.

"Saya sudah mengecek kesiapan jalan dari Jakarta hingga Surabaya, jalan itu baik sekali, saya memberikan kepada pemudik untuk tidak harus menggunakan tol, ada jalan di selatan bagus dan utara juga bagus, supaya pemudik ada aternatif," pungkas Budi Karya. (*)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved