Sains

Mungkinkah Gurita Berasal dari Luar Angkasa?

Mereka mengusulkan kemungkinan bahwa kelompok hewan tersebut adalah keturunan makhluk yang tiba di Bumi "menumpang" komet yang membeku.

Mungkinkah Gurita Berasal dari Luar Angkasa?
Screen capture/RNZ/YouTube
Gurita 

TRIBUNJOGJA.COM - Sebanyak 33 ilmuwan yang tergabung dalam tim internasional merilis laporan dalam jurnal Progress in Biophysics and Molecular Biology dan berteori tentang keberadaan spesies alien yang hidup bersama manusia.

Dalam laporan tersebut, para peneliti menyimpulkan bahwa cephalopoda (cumi-cumi, gurita, dan sotong) mungkin berasal dari suatu tempat selain Bumi.

"Bukti peran virus luar angkasa dalam memengaruhi evolusi terestrial baru-baru ini secara tersiray terkandung dalam gen sekuensi transkriptom Cephalopoda," tulis para peneliti dikutip dari BGR, Kamis (17/05/2018).

"Genom gurita menunjukkan tingkat kerumitan yang mengejutkan dengan 33.000 kode protein gen lebih banyak dibanding manusia saat ini," sambungnya.

Para ilmuwan ini menentang keyakinan bahwa kelompok cephalopoda modern berevolusi di Bumi.

Mereka mengusulkan kemungkinan bahwa kelompok hewan tersebut adalah keturunan makhluk yang tiba di Bumi "menumpang" komet yang membeku.

"Otak besar dan sistem saraf canggih, mata seperti kamera, tubuh fleksibel, serta kamuflase seketika melalui kemampuan untuk mengubah warna dan bentuk hanya beberapa fitur yang muncul tiba-tiba dalam adegan evolusi," tulis laporan tersebut.

Baca: NASA dan ESA Bawa Tanah Mars ke Bumi untuk Selidiki Alien

Mereka menolak berbagai fitur gurita tersebut sebagai evolusi yang terjadi pada makhluk bumi.

Mereka menunjukkan kemungkinan bahwa kompleksitas tersebut terjadi karena telur gurita menabrak samudra ketika komet jatuh jutaan tahun lalu.

"Jadi kemungkinan bahwa cumi-cumi cryopreserved dan / atau telur gurita, tiba di es bolides beberapa ratus juta tahun yang lalu tidak boleh didiskon," tulis mereka dikutip dari Science Alert, Rabu (16/05/2018).

Halaman
123
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved