Gunungkidul

Dinkes Gunungkidul Belum Uji Makanan Tajil

Selama ini belum ada pengujian makanan takjil yang dijual maupun dibagikan di masjid-masjid Gunungkidul.

Dinkes Gunungkidul Belum Uji Makanan Tajil
internet
Pemkab Gunungkidul

Laporan Calon Reporter Tribun Jogja, Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM,GUNUNGKIDUL - Selama ini belum ada pengujian makanan takjil yang dijual maupun dibagikan di masjid-masjid Gunungkidul.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan, Dewi Irawati saat ditemui Tribunjogja.com, Jumat (18/5/2018).

"Untuk pengujian makanan takjil memang belum ada selama ini, karena takjil dibuat oleh masyarakat luas, tetapi nanti menjelang hari raya akan dilakukan razia ke beberapa toko modern," jelasnya

Ia mengatakan dalam razia tersebut akan lebih fokus kepada makanan-makanan yang hampir kadaluarsa atau yang sudah kadaluarsa.

"Kami akan memfokuskan pada makanan- makanan yang dikemas pada parsel lebaran, biasanya penjual mensiasati makanan yang hampir kadaluarsa dimasukkan kedalam parsel agar tidak terlihat tanggal kadaluarsanya," jelasnya.

Hal tersebut dibenarkan oleh Sekretaris Dinas Kesehatan, Priyanta Madya mengatakan bahwa menjelang Ramadan akan dilakukan razia makanan.

"Kita sudah mendapatkan surat dari BPOM untuk mengirim personel untuk ikut dalam memantau kondisi peredaran bahan pangan di Gunungkidul, suratnya memang untuk menjelang lebaran," jelasnya.

Ia menjelaskan, biasanya para penjual mengelabui konsumen, barang-barang yang hampir kadaluarsa lalu dijual dengan harga murah, lalu dibuat parsel untuk menutupi tanggal kadaluarsa.

"Masyarakat level kota lebih melek dalam memilih makanan sedangkan masyarakat pedesaan cenderung tidak paham tahunya makanan murah lalu dibeli, masyarakat harus lebih sadar mengenai keamanan pangan, kami akan mendorong puskesmas untuk ikut membantu pengawasan bahan makanan," terangnya.

Sementara itu pedagang makanan takjil tradisional, Tumiyem mengatakan, selama ini memang tidak ada pemeriksaan makanan yang dilakukan Dinas Kesehatan.

"Saat ini memang tidak ada pemeriksaan dari dinas manapun, kami tetap berusaha menjaga kebersihan makanan, agar tidak mendapat komplain dari pelanggan," tuturnya.(*)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved