Ramadan 1439 H

Selama Ramadan, Rutan dan Lapas Fokus ke Aktivitas Kerohanian

Selama bulan puasa Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) atau Rumah Tahanan (Rutan) DIY aktif meningkatkan kegiatan kerohanian warga binaannya.

Selama Ramadan, Rutan dan Lapas Fokus ke Aktivitas Kerohanian
TRIBUNJOGJA.COM / Bramasto Adhy
Suasana di komplek Masjid At-Taqwa Rutan kelas IIA Yogyakarta yang di bulan Ramadan mengadakan beberapa kegiatan, Kamis (17/5/2018). 

Laporan Calon Reporter Tribun Jogja, Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA -  Selama bulan puasa Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) atau Rumah Tahanan (Rutan) DIY aktif meningkatkan kegiatan kerohanian warga binaannya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang Keamanan, Kesehatan, Perawatan Narapidana/Tahanan dan Pengelolaan Basan dan Baran Kanwil Kemenkum HAM DIY. Santoso Winaryanto.

"Ada buka puasa, sholat tarawih, tadarus, baca Alquran. Tentu selama Ramadhan, kegitan yang dilaksankan lebih pada peningkatan rohani," kata Santoso saat ditemui di kantornya, Kamis (17/5/2018).

Ia melanjutkan, selain meningkatkan kerohanian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), ada upaya peningkatan keamanan.

Pihaknya tetap melakukan inspeksi mendadak dan pemantauan terhadap Lapas/Rutan.

"Memang setiap tahun KaUPT diingatkan untuk meningkatkan keamanan. Melakukan penggeledahan para pengunjung dengan teliti, cermat, dan sopan. Tetap lakukan sidak dan monitoring untuk memberikan arahan, supaya menjalankan puasa dengan baik, kidmat, dan tertib," lanjutnya.

Baca: Kisah 5 Napi yang Kabur dari Lapas Nusakambangan, Salah Satunya Napi Sakti Berilmu Kanuragan

Ia melanjutkan supaya tidak merepotkan petugas dalam pelayanan, WBP yang Non Muslim dipisahkan dengan yang Muslim.

Santoso berharap melalui bulan Ramadan ini, WBP bisa merenung dan mengenal diri, supaya menyadari perbuatannya dan tidak mengulanginya lagi.

"Kalau berjalan tertib kan nanti kita beri remisi, kalau tidak ya nggak dapat. Manfaatkanlah untuk merenung,kenali diri. Gunakan waktu untuk berdiskusi, memperdalam agama, zikir bersama, supaya kelak tidak mengulangi perbuatannya lagi," katanya.

Halaman
12
Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved