Kota Yogyakarta

Seminar Sejarah dan Jelajah Budaya Ajarkan Nilai Adiluhung Pakualaman Melalui Sejarah

Diharapkan melalui seminar tersebut para peserta tidak hanya mempelajari Pakualaman sebagai objek sejarah

Seminar Sejarah dan Jelajah Budaya Ajarkan Nilai Adiluhung Pakualaman Melalui Sejarah
Tribun Jogja/ Rizki Halim
Pembicara dalam seminar Sejarah Menapak Jejak Kadipaten Pakualman di Kulonprogo sedang memaparkan materi, Senin (14/5/2018) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Seminar Sejarah 'Menapak Jejak Kadipaten Pakualaman di Kulon Progo' yang dihelat oleh Seksi Sejarah Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, bertujuan untuk menggali dan mengingat kembali peristiwa sejarah yang terjadi di Yogyakarta, khususnya Kulonprogo.

Plt Bidang Sejarah dan Bahasa Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Dwi Hana Cahya Sumpena, menguraikan Pakualaman sesungguhnya memiliki sejarah dan peninggalan yang besar.

"Sebagai salah satu pilar kebudayaan, Pakualaman memilik banyak peninggalan sejarah yang tidak hanya di Kota Yogya tapi juga Kulonprogo," jelas Dwi, Senin (14/5/2018).

Dalam arti lebih luas, diharapkan melalui seminar tersebut para peserta tidak hanya mempelajari Pakualaman sebagai objek sejarah namun juga mempelajari nilai-nilai di dalamnya.

Oleh karena itu, Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta menggunakan medium peninggalan-peninggalan bersejarah Pakulaman untuk memaparkan nilai positif tersebut.

"Untuk mengetahui peninggalan yang penting dari Pakualaman, maka Dinas Kebudayaan mengajak untuk lebih memahami Pakualaman tidak hanya aspek sejarah, tapi juga nilai adiluhung di dalamnya," pungkas Dwi.

Adapun narasumber yang menjadi pembicara pada seminar tersebut antara lain ahli sejarah dari UGM dan juga perwakilan dari Pura Pakualaman.

Sementara itu, kegiatan jelajah budaya yang dilangsungkan pada Selasa (15/5/2018) akan dilangsungkan di Pesanggrahan Glagah dan Paseban Masjid Makam Giri Gondo, Kulonprogo. (*)

Penulis: Rizki Halim
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved