Bom Meledak di Surabaya

Polda DIY akan Maksimalkan Tiga Pilar Memerangi Terorisme

Polda DIY mengajak masyarakat untuk bersama-sama memerangi serentetan aksi terorisme yang terjadi baru-baru ini.

Polda DIY akan Maksimalkan Tiga Pilar Memerangi Terorisme
IST
Kabid Humas Polda DIY, AKBP Yuliyanto saat memberikan keterangan di Mapolda DIY, Senin (14/5/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Polda DIY mengajak masyarakat untuk bersama-sama memerangi serentetan aksi terorisme yang terjadi baru-baru ini.

Karenanya, Polda DIY juga mengimbau agar tiga pilar yang terdapat di dalam masyarakat agar lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap hal-hal yang mencurigakan di lingkungannya masing-masing.

Kabid Humas Polda DIY, AKBP Yuliyanto mengatakan, bahwa berkaitan dengan rentetan aksi bom bunuh diri yang terjadi di Surabaya kemarin, Minggu (14/5/2018) dan tadi pagi, Senin (14/5/2018) agar tetap tenang dan tak lupa untuk meningkatkan kewaspadaannya.

Menurutnya, aksi terorisme dapat diberantas dengan kerjasama antara masyarakat dan pihak berwajib.

Baca: Ahmad Faiz Zainuddin Ceritakan Kenangan Bersama Pelaku Bom yang Ternyata Kakak Kelasnya

Lanjutnya, untuk menjembatani respon cepat masyarakat jika mengetahui hal mencurigakan, pihaknya mengimbau tiga pilar yakni Bhahbinkamtibmas, Bhabinsa, dan Kepala Desa di masing-masing wilayah cepat tanggap dan segera bertindak jika mendapat laporan dari masyarakat.

"Kita himbau, khususnya kepada tiga pilar yang ada di wilayah seperti Bhahbinkamtibmas, Bhabinsa, dan Kepala Desa untuk waspada terhadap orang-orang atau mungkin pendatang baru yang belum melaporkan diri ke perangkat di lingkungannya masing-masing," katanya.

Baca: Setelah Penyerangan Polrestabes Surabaya, Polda DIY Perketat Pengamanan

Lebih lanjut, maksud dari memaksimalkan peran tiga pilar di wilayah tersebut agar jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu dapat segera tanggap.

Ia menilai, bahwa terjalin sinergitas antara masyarakat dan tiga pilar tersebut bukan tidak mungkin aksi terorisme dapat dicegah bahkan diberantas.

"Jadi tiga pilar itu akan kita maksimalkan dan dijalankan bersama-sama. Tidak hanya di level Desa saja, tapi di level Kecamatan dan Kabupaten juga demikian. Karena jika ada hal-hal yang menonjol dan memerlukan tindakan agar bisa segera diantisipasi," pungkasnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: rid
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved