Ki Enthus Susmono Meninggal Dunia

Bupati Tegal Petahana Ki Enthus Susmono Dikabarkan Meninggal Dunia

Bupati petahana Kabupaten Tegal, Ki Enthus Susmono meninggal dunia, Senin (14/5/2018) sekitar pukul 19.15.

Bupati Tegal Petahana Ki Enthus Susmono Dikabarkan Meninggal Dunia
TRIBUNJOGJA.COM/M NUR HUDA
Ki Entus Susmono

TRIBUNJOGJA.COM, SEMARANG - Bupati petahana Kabupaten Tegal, Ki Enthus Susmono meninggal dunia, Senin (14/5/2018) sekitar pukul 19.15.

Berita ini dibagikan melalui pesan singkat kepada wartawan.

Inna lillahi wa ina ilaihi rojijn... telah pulang ke Rahmat Allah, har ini 14 Mei 2018sekitar pukul 19.15 WIB saudara kita, seniman besar Tegal Jawa Tengah, Indonesia Ki Enthus Susmono. Mohon dimaafkan atas segala kesalahannya, semoga Khusnul Kotimah Amin... ya Rob. Mohon dishare terimakasih. Wassalam.

Belum diketahui penyebab meninggalnya seniman besar Tegal Jawa Tengah tersebut.

Dikutip dari wikipedia Ki Enthus Susmono (lahir di Tegal, 21 Juni 1966; umur 51 tahun) adalah seorang dalang berkebangsaan Indonesia. Sejak 8 Januari2014, ia dilantik sebagai Bupati Tegal oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, untuk periode 2014-2019.

Karena ketokohannya di dunia pedalangan, pada tahun 2005, dia menerima gelar Doktor Honoris Causa bidang seni-budaya dari International Universitas Missouri, U.S.A dan Laguna College of Bussines and Arts, Calamba, Philippines (2005).

Selain berbagai penghargaan telah diterima, ratusan karyanya juga tersimpan dalam museum antara lain di Belanda, Jerman, dan New Mexico.

Enthus dibesarkan dari lingkungan keluarga dalang.

Ia adalah anak semata wayang Soemarjadihardja, dalang wayang golèk Tegal dengan istri ke-tiga bernama Tarminah. Bahkan kakek moyangnya, R.M. Singadimedja, merupakan dalang terkenal dari Bagelenpada masa pemerintahan Sunan Amangkurat di Mataram.

KI Enthus, begitu sapaannya, dengan segala kiprahnya yang kreatif, inovatif serta intensitas eksplorasi yang tinggi, telah mengantarkan dirinya menjadi salah satu dalang kondang dan terbaik yang dimiliki Indonesia.

Halaman
123
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved