Bisnis

Kemenperin Dorong IKM menjadi Raja Marketplace Indonesia

Sebanyak 100 Industri Kecil Menengah (IKM) yang berasal dari sektor logam, mesin, dan furniture, mengikuti Workshop e-Smart IKM

Kemenperin Dorong IKM menjadi Raja Marketplace Indonesia
TRIBUNJOGJA.COM / Victor Mahrizal
Direktur IKM Logam, Mesin, Elektronika, dan Alat Angkut Endang Suwartini dari Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian membuka workshop e-Smart IKM yang dilaksanakan di Hotel Horison, Yogyakarta, Selasa, (8/5/2018) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Victor Mahrizal

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sebanyak 100 Industri Kecil Menengah (IKM) yang berasal dari sektor logam, mesin, dan furniture, mengikuti Workshop e-Smart IKM yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah (Ditjen IKM) Kementerian Perindustrian.

Workshop yang dilaksanakan di Hotel Horison, Yogyakarta, Selasa, (8/5/2018) tersebut bekerjasama dengan marketplace besar di Indonesia yaitu Bukalapak, Tokopedia, dan BliBli.

“Tujuannya adalah untuk memperluas akses pasar IKM” ujar Direktur IKM Logam, Mesin, Elektronika, dan Alat Angkut Endang Suwartini yang membuka acara tersebut.

Menurutnya, IKM merupakan salah satu penyokong sector industry.

Untuk itu IKM harus update dalam teknologi digital, salah satunya melalui program e-Smart IKM ini.

”Produk dalam negeri buatan IKM berkualitas baik dan berdaya saing sehingga sudah saatnya menjadi raja di marketplace Indonesia,” kata Endang.

Baca: Kemenperin Minta Temuan Mikroplastik Dikaji Ulang

Selama 2 hari mengikuti workshop, pelaku IKM belajar berbisnis melalui sarana e-commerce dan juga mendapatkan sosialisasi program-program Kementerian Perindustrian seperti restrukturisasi mesin peralatan dan SNI.

Selain itu untuk pemantapan, diberikan materi strategi pemasaran online dari ldEA danjuga pengembangan produk seperti desain, kualitas dan teknologi, bahkan diperkenalkan juga aplikasi pencatatan keuangan dari Bank Indonesia.

”Workshop e-Smart ini merupakan salah satu tindak lanjut dari Peraturan Presiden No. 74 tahun 2017 tentang Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik (Road Map e-Commerce) yaitu membawa IKM masuk e-commerce,” jelas Endang.(tribunjogja.com)

Penulis: vim
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved