Kota Yogyakarta

Kampung Wisata Diminta Jalin Kerjasama dengan Hotel

Seluruh Kampung Wisata di Kota Yogyakarta didorong untuk melakukan kerjasama dengan berbagai pihak.

Kampung Wisata Diminta Jalin Kerjasama dengan Hotel
tribunjogja/hendra krisdianto
Ilustrasi: 17 Kampung wisata di Yogyakarta dikumpulkan dan dipamerkan di Benteng Vredeburg Yogyakarta sejak Jumat (2/9/2016). 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Seluruh Kampung Wisata di Kota Yogyakarta didorong untuk melakukan kerjasama dengan berbagai pihak.

Tak terkecuali dengan pihak hotel dengan tujuan agar dapat menampung luapan wisatawan yang tidak dapat terakomodir di hotel tersebut.

Manajer Pengelola Kampung Wisata Warungboto, Susanto Dwi Antoro menjelaskan bahwa pihaknya sudah bekerjasama dengan hotel maupun homestay yang ada di Umbulharjo.

Tujuannya adalah agar dapat memberdayakan masyarakat dengan ikut memfasilitasi tamu di homestay yang memiliki jumlah wisatawan menginap yang tinggi.

"Kami kerjasama dengan 2 pengelola homestay dan juga hotel di Umbulharjo. Kalau hotel di sini kan kebanyakan nonbintang. Kami juga mengikutkan teman-teman (warga) untuk ikut pelatihan tentang homestay," bebernya, Senin (7/5/2018).

Baca: DPRD Kota Yogya Pertanyakan Akreditasi Kampung Wisata

Antoro mengatakan bahwa jumlah kunjungan yang melalui jasa Kampung Wisata Warungboto per tahunnya mencapai 600 pengunjung.

Sementara wisatawan yang datang secara mandiri untuk berkunjung ke berbagai obyek wisata di Warungboto tercatat ribuan orang setiap tahunnya.

"Unggulannya kalau di Warungboto ada Situs Umbul. Namun kami juga menawarkan paket wisata, misalkan dalam satu hari bisa melakukan wisata ke XT Square, Situs Umbul, hingga GL Zoo," bebernya.

Halaman
123
Penulis: Kurniatul Hidayah
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved