Kesehatan

"Vitamin Sinar Matahari" Ini Sangat Bermanfaat Bagi Manusia

Guna menambah pengetahuan tentang Vitamin D, RS "JIH" menggelar simposium Peranan Vitamin D pada Imunologi, Kehamilan, Tulang dan Persendian

Tribun Jogja/ Noristera Pawestri
Narasumber simposium Peranan Vitamin D pada Imunologi, Kehamilan, Tulang dan Persandian yang digelar oleh RS "JIH". 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM - Guna menambah pengetahuan tentang Vitamin D, RS "JIH" menggelar simposium Peranan Vitamin D pada Imunologi, Kehamilan, Tulang dan Persendian pada Sabtu (5/5/2018).

Simposium ini akan membahas mengenai penyebab terjadinya defisiensi Vitamin D, akibatnya hingga apa saja gejala-gejala yang dapat dirasakan akan dibahas dalam simposium ini.

Direktur Utama Rumah Sakit "JIH", dr Mulyo Hartana SpPD menuturkan, Vitamin D umumnya diasosiasikan sebagai "vitamin sinar matahari" karena memang dibuat di kulit ketika terpapar oleh sinar matahari.

"Jadi mestinya negara tropis seperti Indonesia warganya tidak mungkin mengalami defisiensi atau kekurangan Vitamin D? Data yang ada menunjukkan bahwa ternyata defisiensi vitamin D tersebut sering atau banyak terjadi," ujar Mulyo Hartana

Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang larut dalam lemak atau fat soluble.

Vitamin ini berguna dalam meningkatkan penyerapan oleh usus terhadap kalsium, magnesium dan phosphat.

Unsur-unsur tersebut tersebut sangat diperlukan dalam membentuk dan memperkuat tulang gigi dan juga otot dan pertumbuhan janin.

Vitamin D ternyata juga mempunyai efek biologis, di antaranya memperbaiki dan menjaga fungsi dari sistem kekebalan atau imunitas tubuh, sehingga mampu meningkatkan kekebalan terhadap berbagai penyakit.

"Adanya simposium ini dengan harapan dapat menyegarkan kembali serta menambah pengetahuan tentang serba-serbi Vitamin D dalam berbagai aspek ilmu kedokteran," terangnya. (tribunjogja)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved