Bisnis

IHGMA Siap Kembangkan Pariwisata Nasional Berbekal Budaya

Indonesia Hotel General Manager Association (IHGMA) menggelar rangkaian Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada tanggal 4 – 6 Mei 2018.

Laporan Reporter Tribun Jogja, Victor Mahrizal

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Indonesia Hotel General Manager Association (IHGMA) menggelar rangkaian Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada tanggal 4 – 6 Mei 2018.

Yogyakarta mendapatkan kehormatan sebagai tuan rumah karena merupakan satu dari beberapa icon kota budaya yang ada di Indonesia.

Predikat kota budaya yang disandang oleh Kota Yogyakarta, sejalan dengan tema Rakernas I IHGMA yang mengusung budaya sebagai satu dari beberapa nilai pariwisata nasional untuk pengembangan pariwisata nusantara di kancah dunia internasional.

Rangkaian Rakernas I IHGMA mengambil tempat di Gabugan Desa Wisata Jalan Tempel Pakem RT 05 RW 08 Gabugan Donokerto Turi Sleman dengan agenda Forum Group Discussion (FGD) destinasi desa wisata yang kini menjadi andalan wisata budaya.

Ketua DPP IHGMA Wishnu Handoko Al Bataafi dan Ketua DPD Yogya Herryadi Baiin beserta jajaran pengurus menyampaikan rangkaian acara Rangkaian yang pertama ini yang akan dilaksanakan di Hotel Mercure akan dihadiri oleh 400 General Manager dari berbagai kota di Indonesia.

“IHGMA ingin bisa berperan positive dalam pengembangan pariwisata di Indonesia secara konkrit, kami sengaja mengunjungi desawisata yang dipilih untuk bersinergi mengembangkan budaya yang ada Bersama dengan stakeholder lainnya,” jelas Wishnu.

Ketua DPD Yogyakarta Herryadi Baiin mengatakan tema RAKORNAS I ini adalah Budaya untuk Pariwista, Pariwisata untuk Budaya, dimana tema ini kita sesuaikan dengan visi kota Yogyakarta sebagai destinasi wisata yang mengangkat Budaya sebagai daya Tarik yang utama.

Sultan HB X juga sangat mendukungakan tema yang diangkat yakni “Budaya untk Pariwisata , Pariwisata untuk Budaya” karena menurut Sultan HB X Produk Budaya inilah yang akan menumbuhkan Pariwisata, dan pada kesempatan tersebut berkenan akan memaparkan pengetahuannya.

Humas IHGMA Atik Damarjati menyebutkan rangkaian acara RAKERNAS I tersebut akan berlangsung selama 3 hari : 4 Mei – Program CSR dan jamuan Makan Malam, 5 Mei – Acara Rakernas & Jamuan Makan Malam,  6 Mei – Gathering dengan ASITA & ASPPI.

Adapun, IHGMA adalah organisasi resmi asosiasi General Manager yang berbadan hukum telah meluncurkan website resminya yaitu www.IHGMA.org diresmikan pada tanggal 20 April 2016 di Hotel Bali Beach-Bali.Sampai saat ini berangotakan sekitar 1000 general manager dari seluruh wilayah di Indonesia.

Dengan terus bertambahnya chapter chapter di daerah IHGMA menjadi sebuah organisasi profesi yang sangat penting dalam menjalin kerja sama dengan pemerintah dan swasta dalam pemberdayaan sumber daya manusianya di industri hospitality ini terlihat dari hasil pelatihan pelatihan yang sudah dilaksanakan oleh Chapter-Chapter IHGMA seperti kerjasama dengan AHLEI, LSP, LSU dan sekolah pariwisata lainnya.(tribunjogja.com)
 

Penulis: vim
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved