Breaking News:

Pendidikan

Disdikpora DIY Akan Beri Catatan Khusus bagi Sekolah yang Biarkan Muridnya Konvoi

Disdikpora DIY akan memberi catatan khusus terhadap pihak sekolah, yang membiarkan siswa-siswinya berkonvoi.

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Gaya Lufityanti
Tribun Jogja/ Rizki Halim
Kadisidikpora DIY, Kadarmanta Baskara Aji, 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Jelang pengumuman hasil kelulusan siswa SMA/SMK sederajat pada Kamis (3/5/2018), Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY akan memberi catatan khusus terhadap pihak sekolah, yang membiarkan siswa-siswinya berkonvoi.

Kepala Disdikpora DIY Kadarmanta Baskara Aji, mengatakan, pihaknya telah memberi instruksi kepada seluruh kepala sekolah, agar mem-briefing para siswa, untuk tidak perlu melakukan konfoi, atau arak-arakan yang mengganggu masyarakat, selepas pengumuman.

"Kalau sampai ada konvoi, tentu jadi catatan bagi sekolah. Karena itu, kepala sekolah harus mengantisipasi betul, supaya tidak ada konvoi," katanya, saat dijumpai usai mengikuti upacara Hari Pendidikan Nasional, di Alun-alun Utara, Yogyakarta, Rabu (2/5/2018).

Aji mempersilakan kepada masing-masing sekolah, untuk memilih caranya sendiri, guna mengantisipasi terjadinya konvoi setelah pengumuman.

Menurutnya, setiap sekolah punya langkah yang berbeda.

Satu di antaranya, hasil ujian diumumkan secara online, sehingga murid tidak perlu datang dan berkumpul di sekolah.

"Silakan, mau caranya seperti apa, itu pilihan sekolah. Ada yang sekaligus diberikan secara bersamaan melalui upacara dengan baju daerah, lalu ada juga yang siswa-siswinya diajak ke luar daerah," ucapnya.

Namun, seandainya masih dijumpai arak-arakan di jalanan, pihaknya siap berkoordinasi dengan aparat kepolisian, untuk melakukan penertiban dan pengamanan.

Jikalau memang ada, tambah ia, berarti terdapat sekolah yang mengalami kegagalan dalam mengedukasi siswa-siswinya.

"Tetap jadi catatan untuk sekolah. Berarti kan sekolah tidak bisa melakukan penertiban persuasif, terhadap kemungkinan arak-arakan siswanya," cetus Aji. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved