Breaking News:

Pameran UNDAGI #2 Akan Tampilkan Karya Kriya Kurungan Senilai Puluhan Juta

Karya unik dan menarik tersebut dari cara berpikir dalam membuat suatu karya berdasarkan kegiatan pribadi

Penulis: Noristera Pawestri | Editor: Muhammad Fatoni
Tribun Jogja/ Noristera Pawestri
Jumpa pers Pameran Undagi #2 di Bale Bebakaran pada Selasa (1/5/2018) siang 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kurator Pameran UNDAGI #2, Timbul Raharjo, saat menggelar jumpa pers pada Selasa (1/5/2018) mengatakan, dari ratusan karya kriya yang ditampilkan dalam pameran, ada beberapa karya yang menarik dan unik.

Menurutnya, karya unik dan menarik tersebut dari cara berpikir dalam membuat suatu karya berdasarkan kegiatan pribadi.

"(UNDAGI #2) mendatangkan seniman seni kriya kayu dari Jepara yaitu Pak Suhartoto. Dia sudah mengukir kriya kayu berupa kurungan selama 4 tahun dan menurutnya itu belum selesai. Katanya 3 sampai 4 tahun lagi baru selesai. Padahal menurut kami karya itu sudah selesai. Kurungannya diukir sangat detail," tuturnya.

Ditambahkannya, kurungan karya Suhartoto ini membutuhkan waktu sekitar 8 tahun untuk membuat kurungan, terlebih harga satu kurungan ini senilai Rp 30-50 juta.

"Suhartoto gaya hidupnya santai ya, tidur di lincak, bangun tidur langsung ngukir. Menariknya kurungannya itu senilai Rp 30-50 juta dan diukir dengan sangat detail. Saya mau meminjam untuk dipamerkan harus menunggu sampai 5 jam," imbuh dia.

Selain itu, Pameran UNDAGI #2 ini mantu juga akan menampilkan batik, di mana pembuatan satu lembar kain batik ini membutuhkan waktu selama satu hingga dua tahun.

"Karya-karya yang demikian unik bagi kami," lanjut Timbul.

Sementara itu, Co Kurator Pameran UNDAGI #2, Agus Sriyono memgatakan, hingga saat ini Pameran Besar Seni Kriya UNDAGI #2 yang akan berlangsung 9-13 Mei mendatang persiapannya sudah 75 persen.

"Mengenai penampilan bagaimana kita persiapkan sampai hari ini sudah 75 persen. Karya sudah sebagain besar sampai ke jogja, tinggal dari Pekalongan," ujar Agus. (*)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved