Internasional

Menurut Israel, Iran Sembunyikan Senjata Nuklir

Pengembangan senjata nuklir itu dilakukan di sebuah fasilitas rahasia di Distrik Shorabad, yang jika dilihat tampak seperti bangunan biasa.

Menurut Israel, Iran Sembunyikan Senjata Nuklir
AFP/JACK GUEZ
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memberikan presentasi soal bukti bahwa Iran menyembunyikan senjata nuklirnya melalui Proyek Amad di Tel Aviv, Senin (30/4/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM, TEL AVIV - Pernyataan mengejutkan dilontarkan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu terkait senjata nuklir.

Netanyahu mengaku punya bukti intelijen kalau Iran menyembunyikan senjata nuklir.

"Biar saya beri tahu kepada Anda satu hal. Selama ini Iran berbohong," kata Netanyahu dalam pertemuan jajaran Kementerian Pertahanan Senin di Tel Aviv (30/4/2018).

Netanyahu menyebut terdapat 100.000 dokumen seperti foto, video, hingga cetak biru yang memperlihatkan Iran secara rahasia melanggar kesepakatan 2015.

Perjanjian bernama Rencana Aksi Komprehensif Gabungan (JCPOA) itu diteken Iran dengan enam negara; Amerika Serikat ( AS), China, Inggris, Perancis, Rusia, dan Jerman.

Pengembangan senjata nuklir itu dilakukan di sebuah fasilitas rahasia di Distrik Shorabad, yang jika dilihat tampak seperti bangunan biasa.

Baca: Situs Uji Coba Nuklir Korea Utara di Gunung Mantap Runtuh

"Iran merencanakannya dengan sangat baik untuk menyamarkan pengembangan senjata nuklir mereka, dan memakai personel yang sama," beber Netanyahu.

Dinamakan Proyek Amad, Netanyahu membeberkan Iran bertujuan untuk mendesain, memproduksi, dan menguji coba lima hulu ledak berkekuatan 10 kiloton TNT.

Diwartakan CNN Selasa (1/5/2018), Netanyahu memuji kumpulan dokumen tersebut sebagai "prestasi terbesar intelijen Israel."

Halaman
12
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved