Jawa

Sabet Medali Emas di Bidang Environmental Science, Pelajar asal Magelang ini Harumkan Nama Indonesia

Siswa kelas XII SMA Taruna Nusantara Magelang tersebut menyabet medali emas di bidang Environmental Science

Sabet Medali Emas di Bidang Environmental Science, Pelajar asal Magelang ini Harumkan Nama Indonesia
Dok Humas SMA Taruna Nusantara
Rombongan SMA Taruna Nusantara yang dipimpin oleh Kepala Sekolah, Brigadir Jenderal TNI (Purn) Soebagio, S.IP, dan orangtua dari Firman yaitu Nursalim menyambut Muhammad Firman Nuruddin siswa kelas XII di Bandara Adi Sucipto Yogyakarta yang berhasil meraih Medali Emas bidang Environmental Science pada lomba 25th International Conference of Young Scientists (ICYS) 2018, yang berlangsung pada tanggal 19-25 April 2018 di Belgrade Serbia 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Siswa asal Kabupaten Magelang, Muhammad Firman Nuruddin, berhasil harumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Siswa kelas XII SMA Taruna Nusantara Magelang tersebut menyabet medali emas di bidang Environmental Science pada lomba penelitian sains internasional  25th International Conference of Young Scientists (ICYS) 2018, di Belgrade Serbia, yang dilaksanakan pada 19-25 April 2018 lalu.

"Kami sangat bangga, siswa kami, Muhammad Firman Nuruddin, dapat mengharumkan nama Indonesia dengan mempersembahkan medali emas di bidang environmenta science di ICYS 2018 yang diadakan di Serbia. Ini merupakan prestasi yang luar biasa," ujar Kepala Humas SMA Taruna Nusantara, Cecep Iskandar, Senin (30/4/2018).

Meskipun Firman merupakan siswa kategori beasiswa Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara (Ikastara) dan berasal dari keluarga tidak mampu, tetapi berkat kerja kerasnya, dan kegigihannya untuk terus belajar, dirinya mampu meraih prestasi luar biasa tersebut.

Dirinya berhasil mengikuti seleksi berjenjang dari tingkat provinsi yang berlanjut ke tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Center for Young Scientists bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi/Kota, universitas dan lembaga swadaya masyarakat sejak bulan Agustus hingga November 2017.

Baca: Kasus Bullying di SMA Taruna Nusantara Magelang, Kepala SMA TN : Kami Akan Tindaklanjuti

Lolos dan masuk ke dalam tim Indonesia, dirinya membuktikan kemampuannya dan dapat bersaing dengan 412 peneliti-peneliti muda dari 32 negara di dunia.

Alhasil tim dari indoensia pimpinan Monika Raharti ( Center for Young Scietists Indonesia) berhasil meraih 2 medali emas, 3 medali perunggu, 2 special awards dan penghargaan best poster. 

"Firman merupakan siswa yang kurang mampu, tetapi dirinya memiliki prestasi. Drinya pun masuk SMA TN dengan kategori penerima beasiswa dari Ikastara. Dia selalu menunjukan minat yang tinggi dalam kegiatan penelitian dan selalu bersemangat mengikuti kompetisi termasuk ICYS ini, Berkat kerja kerasnya, dirinya mampu meraih prestasi yang membanggakan ini," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: rfk
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved