Gunungkidul

Keindahan Gua Cokro Tak Kalah dengan Gua Jomblang

Untuk masuk kedalam gua membutuhkan nyali yang besar pasalnya pengunjung harus turun menggunakan tali dengan kedalaman 18 meter

Keindahan Gua Cokro Tak Kalah dengan Gua Jomblang
TRIBUNJOGJA.COM / Wisang Seto
Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi setelah naik dari Gua Cokro, Senin (30/4/2018) 

Laporan Calon Reporter Tribunjogja Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Gua Cokro yang ada di Dusun Blimbing, Desa Umbulrejo, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul, merupakan satu diantara tempat wisata minat khusus yang masih belum banyak terjamah wisatawan.

Obyek wisata tersebut dikolala secara mandiri oleh kelompok sadar wisata (pokdarwis) Mekars.

Keunikan dari obyek wisata ini adalah, dalam gua ini menyuguhkan pemandangan indah pengelola menyebutnya sebagai cahaya surga karena cahaya matahari turun dari mulut gua, tidak kalah dengan gua Jomblang yang berada di Semanu.

Untuk masuk kedalam gua membutuhkan nyali yang besar pasalnya pengunjung harus turun menggunakan tali dengan kedalaman 18 meter, dengan diameter gua selebar 1 meter mirip dengan sumur.

Sebelum pengunjung masuk pengelola memberikan arahan kepada wisatawan mengenai aturannya, dan memberikan baju khusus serta sepatu khusus untuk menuruni gua Cokro.

Baca: Inilah Gua Terpanjang di Asia, Foto-foto Keindahannya Luar Biasa!

Setelah arahan dan memakai pakaian khusus pengunjung telah disambut dengan dua orang penjaga gua, satu orang memasangkan karabiner, satu orang lagi mengatur tali pengunjung yang digunakan untuk masuk kedalam gua.

Setelah masuk ke dalam gua pengunjung disambut oleh dua orang pemandu yang telah masuk terlebih dahulu, pengunjung juga disambut dengan stalaktit yang menggantung di atap gua.

Menurut ketua Pokdarwis Mekars Purwanto untuk mengunjungi gua Cokro harus rombongan berjumlah 10 orang, dengan biaya total 1juta.

Halaman
12
Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved