Pariwisata

Kembangkan Pariwisata, Anggota IHGMA Bina Desa Wisata

Kembangkan pariwisata, setiap anggota IHGMA bina satu desa wisata dan satu hotel.

Kembangkan Pariwisata, Anggota IHGMA Bina Desa Wisata
Tribun Jogja/ Noristera Pawestri
Pengurus IHGMA saat menggelar jumpa pers terkait rencana rakernas di Hotel Grand Keisha pada Jumat (27/4/2018) 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM - Wakil Ketua 1 Rakernas IHGMA, Tantiarini Hidayati saat menggelar jumpa pers Rakernas Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) pada Jumat (27/4/2018) petang menyampaikan alasan Yogyakarta dipilih menjadi lokasi Rakernas lantaran Yogyakarta merupakan kota budaya dan pariwisata.

"Sesuai dengan tema yang diangkat, 'Budaya untuk Pariwisata dan Pariwisata untuk Budaya. Atraksi budaya akan dijadikan salah satu tujuan utama Jogja," ujar Tantiarini.

Dijelaskannya, IHGMA juga ingin mendukung program-progran pariwisata pemerintah.

"Kami ingin mengusulkan atraksi budaya daerah yang masih sporadis ditingkatkan menjadi satu kesatuan sebagai kegiatan atraksi cincin budaya nusantara," lanjutnya.

Selain itu, ia menambahkan, IHGMA juga ingin mengembangkan SDM manusia di Yogyakarta terkait pengembangan wisata daerah melalui pembinaan untuk desa wisata oleh setiap hotel.

"Sebagai insan pariwisata, kita harus mengupgrade ilmu kita untuk membantu pembinaan ke desa wisata. Anggota IHGMA akan mempunyai binaan satu desa wisata satu hotel satu binaan. Kita juga akan mengunjungi Desa Wisata Gabugan di Sleman," jelas dia.

Pada Rakernas Pertama IHGMA yang digelar pada 4-6 Mei mendatang, rencananya akan membahas isu-isu nasional selerti isu tenaga kerja asing.

"Tenaga kerja asing kan banyak, bagaimana supaya General Manager (GM) lokal bisa bersaing dengan GM asing. Bagaimana meningkatkan diri kita. Untuk itu kita harus mampu lolos sebagai ahli perhotelan dan harus bisa mengaplikasikan ilmu kita," terangnya. (tribunjogja)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved