Gunungkidul

Basarnas DIY Kerjasama Peminjaman Gedung Milik Pemkab Gunungkidul

Gedung akan dilengkapi dengan peralatan, pergudangan serta fasilitas latihan untuk tim Basarnas.

Basarnas DIY Kerjasama Peminjaman Gedung Milik Pemkab Gunungkidul
TRIBUNJOGJA.COM / Wisang Seto
Basarnas dengan asek 1 Sudodo berfoto bersama setelah penandatanganan kerjasama di ruang rapat pemkab Gunungkidul pada hari Kamis (26/4/2018). 

Laporan Calon Reporter Tribun Jogja, Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM,GUNUNGKIDUL - Demi menjaga kenyamanan dan keamanan wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Gunungkidul, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul diwakili oleh Asisten Sekretariat daerah 1 Sudodo menjalin kerjasama dengan Badan Sar Nasional (Basarnas), pada Kamis (26/4/2018).

"Kami telah menandatangani perjanjian pinjam pakai gedung yang ada di Gading untuk digunakan Basarnas sebagai unit siaga SAR selama 1-2 tahun, hal tersebut untuk menjaga keamanan dan kenyamanan wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul," terang Sudodo.

Sudodo mengatakan karena saat ini personil Basarnas yang berjaga di Kabupaten Gunungkidul hanya ada enam orang sehingga butuh partisipasi masyarakat sebagai potensi sar.

"Karena basarnas hanya ada 6 personil, kami menginginkan adanya pelatihan untuk masyarakat kami," jelasnya.

Kepala Biro Hukum dan Kepegawaian Basarnas Pusat, Agung Prasetyo menambahkan, karena anggaran basarnas terbatas maka perjanjian pinjam pakai sangat membantu.

"Kami berharap bisa mendukung potensi wisata Pemda Gunungkidul untuk menjaga keselamatan para wisatawan, dengan adanya kantor yang dipinjamkan akan sangat membantu penanggulangan bencana secara cepat," terangnya.

Agung mengatakan ke depannya gedung yang dipakai akan dilengkapi dengan peralatan, pergudangan serta fasilitas latihan untuk tim Basarnas dan tempat berkumpul teman-teman potensi sar dan Basarnas.

"Ke depannya akan kami lengkapi sarana dan peralatannya, dan kami ingin kedepannya lokasi lebih representatif, sehingga respom time kita dapat dipersingkat," jelasnya.

Kepala Kantor Sar (Basarnas) DIY Supriono menambahkan pihaknya akan menempatkan 2 jetski dan 1 kapal jokung.

"Kami akan menempatkan 2 jetski di Pantai Indrayanti dan 1 kapal Jokung di Sadeng, untuk longweekend, kami lakukan patroli berpakian water rescue. Jika ada info terkait potensi bahaya kami sudah siap dan ready," tutupnya.(*)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved