Sleman

Wabup Sleman: Kondisi Kesehatan Masyarakat Sleman Meningkat

Wakil Bupati juga mengatakan, capaian kondisi kesehatan masyarakat Sleman tidak akan dapat terwujud tanpa adanya peran tenaga kesehatan.

Wabup Sleman: Kondisi Kesehatan Masyarakat Sleman Meningkat
Pemkab Sleman

Laporan Calon Reporter Tribun Jogja – Siti Umaiyah

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN – Capaian kondisi kesehatan masyarakat di Sleman mengalami peningkatan sampai dengan akhir tahun 2017.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun  saat menerima Tim Penilai Tenaga Kesehatan Teladan Tingkat DIY, Selasa, (24/4/2018).

Sri Muslimatun mengungkapkan, meningkatnya kondisi kesehatan masyarakat di Kabupaten Sleman dapat tergambar dari beberapa indikator dalam bidang kesehatan antara lain usia harapan hidup, angka kematian bayi, maupun jumlah kematian ibu saat melahirkan.

“Dibanding dengan tahun 2016, kondisi kesehatan masyarakat di tahun 2017 meningkat lebih baik. Usia harapan hidup di Sleman dapat mencapai angka 74,56 tahun di atas capaian DI Yogyakarta 74 tahun dan Nasional 70,68 tahun,” terangnya.

Baca: DLH Sleman Gelar Uji Emisi Gas Buang Kendaraan

Sedangkan, angka kematian bayi per 1.000 kelahiran hidup (AKB) sebesar 4,21 yang juga lebih baik dari DI Yogyakarta dan Nasional.

Sementara jumlah kematian ibu melahirkan menurun dari 8 orang di tahun 2016 menjadi 6 orang di tahun 2017.

“Ketika disebutkan angkanya 8 turun menjadi 6, kami masih bertanya kok masih 6 ya. Memang yang diharapkan itu 0. Berapapun jumlah besar penduduknya, berapapun tingkat kepadatannya, dengan berbagai masalahnya, dengan cerdas kita harus membuat itu menjadi 0. Itu bukan suatu hal yang mustahil ketika kita bekerja bersama-sama,” terangnya.

Wakil Bupati juga mengatakan, capaian kondisi kesehatan masyarakat Sleman tidak akan dapat terwujud tanpa adanya peran tenaga kesehatan.

Baca: Seorang Ayah di Sleman Cabuli Anak Tirinya Bertahun-tahun

“Maka dalam kesempatan ini saya menyampaikan terimakasih kepada seluruh tenaga kesehatan di Kabupaten Sleman yang telah mendukung terselenggaranya pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” katanya.

Sri Muslimatun berharap, semua pihak dapat bekerjasama untuk meningkatkan kondisi kesehatan masyarakat agar lebih baik lagi.

“Pemkab Sleman beserta seluruh jajaran pelayanan kesehatan terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Upaya yang dilakukan antara lain dengan pengadaan dan perbaikan sarana dan prasarana kesehatan, penyempurnaan sistem pelayanan, serta meningkatkan kapasitas Sumber Daya kesehatan,” ungkapnya. (TRIBUNJOGJA.COM) 

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved