Ekonomi

Para Pemimpin Keuangan Dunia Yakini Perekonomian Terus Membaik

Pertumbuhan ekonomi global diproyeksikan naik dari 3,8 persen pada 2017 menjadi 3,9 persen pada 2018 dan 2019.

Para Pemimpin Keuangan Dunia Yakini Perekonomian Terus Membaik
Shutterstock
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Perbaikan ekonomi global yang terus berlanjut diyakini oleh para pemimpin keuangan dunia dalam pertemuan musim semi Dana Moneter Internasional ( IMF).

Pertumbuhan ekonomi global diproyeksikan naik dari 3,8 persen pada 2017 menjadi 3,9 persen pada 2018 dan 2019.

Dalam pertemuan tersebut, hadir Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo.

Hadir pula Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

"Momentum positif perbaikan perekonomian didorong oleh pemulihan perdagangan global, aktivitas investasi, serta terjadi merata baik di negara maju maupun di negara berkembang," kata Agus dalam pernyataannya, Selasa (24/4/2018).

Kondisi keuangan global masih cukup akomodatif meskipun diwarnai oleh proses penyesuaian harga aset sejalan dengan proses normalisasi kebijakan moneter negara maju, tensi perdagangan dan ketegangan geopolitik yang berpotensi memberikan dampak negatif terhadap pertumbuhan ekonomi.

Baca: Ini Sebabnya Ekonomi India Segera Salip China

Agus menuturkan, BI juga mendukung rekomendasi kebijakan IMF untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi, meningkatkan resiliensi, serta mengutamakan prioritas kebijakan jangka menengah dan panjang dengan terus melakukan reformasi di sektor riil, fiskal, dan upaya pendalaman pasar keuangan.

BI juga memandang penggunaan kebijakan makroprudensial dibutuhkan untuk memantau risiko dan eksposur aset di sektor keuangan.

"Selain itu, peningkatan kerja sama multilateral menjadi sangat relevan saat ini mengingat adanya ancaman proteksionisme pada sistem perdagangan global," ungkap Agus.

Halaman
12
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved