Ujian Nasional 2018

Sekolah yang Sudah Menerapkan SoP di Kota Yogya Menjalani UNBK dengan Lancar

Akibat server pusat yang mendadak offline tersebut, membuat koneksi jaringan terkambat sekitar 20 menit.

Sekolah yang Sudah Menerapkan SoP di Kota Yogya Menjalani UNBK dengan Lancar
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Edy Heri Suasana bersama Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat memberikan keterangan seputar server offline pada UNBK SMP, Senin (23/4/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sejumlah SMP di Kota Yogyakarta mengalami gangguan server yang berasal dari pusat.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Edy Heri Suasana menyebut bahwa sekolah yang mengalami gangguan tersebut di antaranya adalah SMPN 6, 8, 9, 15, SMP Maria Immaculata Marsudirini Yogyakarta, dan SMP Pangudi Luhur 1.

"Mereka masuk ke ruangan 07.30 lalu mendapat token dan password, kemudian dikerjakan. Ada yang 6 menit baru ngerjakan, ternyata ada gangguan daru pusat. Server down tepatnya sekitar 08.15 dan on kembali pada 08.26," ungkapnya, Senin (23/4/2018).

Akibat server pusat yang mendadak offline tersebut, Edy mengatakan bahwa hal tersebut membuat koneksi jaringan terkambat sekitar 20 menit.

"Meski dari off ke on lagi, data waktu tetap tersimpan sebagaimana ketika off. Sehingga anak-anak bisa melaksanakan UNBK sesuai haknya," tuturnya.

Ia menambahkan, bagi proktor yang telah mengikuti SoP, tidak terdapat masalah dalam pelaksanaan UNBK.

SoP tersebut yakni proktor melakukan sinkronisasi, masing-masing proktor harus memonitor bahwa semua peserta mendapat akses internet dan ada token, memastikan koneksi pusat, tugas proktor menyimpan di server sekolah, dan ketika siswa sudah selesai maka proktor mengunggah pekerjaan siswa ke pusat.

"Saya ke SMP 1, berjalan lancar meskipun server pusat off. Itu karena soal telah terunduh, anak dapat token, dan sudah disave di server sekolah. Tapi bagi proktor yang lupa ngesave, jadi masalah," bebernya. (*)

Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved