Krisis Suriah

Bentrok Antarjihadis di Idlib Tewaskan Putra Seorang Komandan Perang

Di wilayah antara Aleppo dam Idlib makin sering terjadi bentrokan bersenjata antara kelompok HTS dan rivalnya

Bentrok Antarjihadis di Idlib Tewaskan Putra Seorang Komandan Perang
internet
Ribuan personil HTS yang semula bernama Jabhat al-Nusra atau Front Nusra, bergerak menggunakan ratusan mobil dan truk pembawa tank dan artileri, menuju basis-basis rivalnya, kelompok Jabhat Tahrir Souriya. 

TRIBUNJOGJA.COM, DAMASKUS – Wilayah utara Suriah yang dibanjiri jihadis dari berbagai kota-kota, kini jadi arena perang sengit di antara kelompok pemberontak.

Provinsi Idlib merupakan wilayah terpanas yang nyaris tiap saat diwarnai bentrokan antarmilisi bersenjata yang punya patron asing berbeda-beda.

Bentrokan terbaru terjadi antara kelompok kuat Hayat Tahrir al-Sham (HTS), dulu namanya Jabhat al-Nusra, dengan kelompok kecil Suqour al-Sham.

Bentrokan ini menewaskan Muhammad Abu al-Biishr, putra komandan militer, Suqour al-Sham, yaitu Aby Ayssa al-Sheikh.

Dikutip dari jaringan berita Al Masdar News yang berbasis di Beirut, Lebanon, Senin (23/4/2018) pagi WIB, bentrokan terjadi di kota kecil Mariyan.

Kota ini terletak di wilayah selatan Idlib. Suqour al-Shan merupakan bagian aliansi Jabhat Tahrir Souriya (Syrian Liberation Front) dan Gerakan Nour al-Din al-Zenki.

Aliansi besar ini sekarang berhadapan-hadapan dengan HTS, bersaing memperebutkan pengaruh, wilayah kekuasaan, dan suplai logistik dan dukungan politik untuk teta eksis.

Anggota kelompok militan Gerakan Nour al-Din al-Zenki ini pernah menghebohkan setelah mengeksekusi bocah Palestina dengan tuduhan jadi mata-mata pasukan Suriah.

Bocah itu dipenggal kepalanya di atas sebuah pikap, dan fotonya beredar luas di sosial media. Kelompok eksekutor itu juga dikaitkan dengan aksi kelompok White Helmets.

Sedangkan kelompok HTS, diduga kuat merupakan jaringan Al Qaeda di jazirah Arab. Rentetan pembunuhan baik tunggal maupun dalam pertempuran menimpa elite berbagai kelompok militan.

Halaman
12
Penulis: xna
Editor: mon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved