Hari Kartini

Hotel Tentrem Apresiasi Buruh Gendong Sebagai Inspirasi Hari Kartini

Acara ini juga dihadiri oleh sosok wanita kuat dan gigih, para ibu buruh gendong dari beberapa pasar tradisional di kota Yogyakarta.

Hotel Tentrem Apresiasi Buruh Gendong Sebagai Inspirasi Hari Kartini
istimewa
Pada Hari Kartini, 21 April 2018 yang lalu, Hotel Tentrem Yogyakarta mengadakan acara bertema kesehatan dengan tajuk "Perempuan Sehat Indonesia Hebat" bersama, para wanita hebat dari Pasar Gamping, Giwangan dan Kranggan, yang berprofesi sebagai Buruh Gendong. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Victor Mahrizal

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pada peringatan Hari Kartini, Hotel Tentrem Yogyakarta mengadakan acara bertema Perempuan Sehat, Indonesia Hebat.

Acara berisi bincang kesehatan tentang pola hidup sehat oleh RS Ludira Husada juga paparan mengenai Kanker Serviks dan Kanker Payudara oleh Yayasan Kanker Indonesia.

Selain diikuti oleh karyawan Hotel Tentrem Yogyakarta, acara ini juga dihadiri oleh sosok wanita kuat dan gigih, para ibu buruh gendong dari beberapa pasar tradisional di kota Yogyakarta.  

“Kegigihan, tekad dan usaha RA Kartini tercermin dalam sosok ibu-ibu buruh gendong. Tanpa mengeluh, mereka gigih memperjuangkan kehidupan keluarga di usia yang tak lagi muda. Bahkan tak jarang mereka menjadi tulang punggung keluarga”, ujar Adventa Pramushanti, Public Relations Manager Hotel Tentrem Yogyakarta, Sabtu (21/4/2018).

Sadinah, seorang peserta dari Pasar Giwangan menceritakan bahwa dirinya sudah 28 tahun menjadi buruh gendong.

“Dadi buruh gendong niku kulo kepeksa, mboten gadah ketrampilan napa-napa, mboten gadah ijazah, saged nggendong kulo pun remen. Saged dinggih maem anak kaliyan putu, kagem sekolah. Harapan kulo, anak putu kulo mboten ming nggendong, Mangkin kulo lakonane kiyambak sing rekasa. (menjadi buruh gendong karena terpaksa, tidak punya ketrampilan dan ijazah, jadi bisa mendapatkan uang dengan menggendong, saya sudah bersyukur, bisa untuk makan dan sekolah anak cucu Harapan saya, anak cucu saya tidak seperti saya, biar saya yang bekerja keras menjalani pekerjaan ini)”.   

Sebanyak 20 perwakilan buruh gendong dari Pasar Kranggan, Pasar Giwangan dan Pasar Gamping Yogyakarta nampak tekun mendengarkan paparan tentang kesehatan.

Selain mendapatkan edukasi kesehatan, mereka juga mendapatkan tanda kasih dari Hotel Tentrem Yogyakarta.

“Acara ini kami persembahkan sebagai bentuk apresiasi kepada para wanita hebat dan kuat yang disimbolkan oleh Ibu Ibu yang ada disini, para buruh gendong dan juga wanita-wanita yang berkarya di Hotel Tentrem Yogyakarta. Semoga kita dapat menginspirasi satu dan yang lainnya, menjadi wanita yang kuat untuk bangsa yang hebat,” pungkas Mey Nurnaningsih, Corporate General Manager Hotel Tentrem Yogyakarta.(tribunjogja.com)
 

Penulis: vim
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved