Jawa

Belum Semua Daerah di Indonesia Terapkan Regulasi Kawasan Tanpa Rokok

Hal ini menjadi alasan belum maksimalnya aturan KTR yang ada di Indonesia.

Belum Semua Daerah di Indonesia Terapkan Regulasi Kawasan Tanpa Rokok
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri K
Ketua Aliansi bupati/walikota peduli kawasan tanpa rokok, Hasto Wardoyo mengatakan, usai pelatihan regulasi kawasan tanpa rokok di Magelang, Kamis (19/4/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Sebanyak 518 Kabupaten/Kota yang ada di Indonesia, baru sebanyak 111 Kabupaten/Kota yang telah menerapkan Peraturan tentang kawasan tanpa rokok (KTR).

Hal ini menjadi alasan belum maksimalnya aturan KTR yang ada di Indonesia.

Ketua Aliansi bupati/walikota peduli kawasan tanpa rokok, Hasto Wardoyo mengatakan, jumlah kabupaten/kota di Indonesia yang memiliki peraturan tentang kawasan tanpa rokok ( KTR) dinilai masih sedikit.

“Dari 518 kabupaten/kota yang ada di Indonesia yang memiliki peraturan tentang kawasan tanpa rokok baru 111 kota/kabupaten, bahkan ada beberapa daerah yang menolak regulasi KTR tersebut,” ujar Hasto, usai pelatihan regulasi kawasan tanpa rokok di Magelang, Kamis (19/4/2018).

Hasto mengatakan, dari 111 kota/kabupaten yang telah menerapkan peraturan tentang kawasan tanpa rokok tersebut sebagian besar ada di Pulau Jawa ini.

Untuk di Jawa Tengah ini 35 kabupaten /kota yang ada, baru ada sembilan daerah yang menerapkan dengan membentuk perda/perwal/perbup dan lainnya.

Baca: Belum Semua Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah Miliki Perda Kawasan Tanpa Rokok

"Sementara yang menerapkan Perda baru hanya sembilan daerah saja, penerapannya bisa melalui perwal atau perbup," ujarnya.

Hasto mengatakan, dirinya pun terus menyosialisasikan aturan KTR ini dengan berkunjung ke daerah-daerah dan mendorong dibentuknya peraturan yang dapat menerapkan kebijakan KTR ini ke daerah yang belum menerapkannya secara maksimal.

Halaman
12
Penulis: rfk
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved