Breaking News:

Spionase Mossad Eli Cohen

Kisah Eli Cohen, Mata-mata Legendaris Israel di Suriah yang Berakhir di Tiang Gantungan #1

Eli Cohen, merupakan mata-mata Israel. Dia terkenal dalam sepak terjangnya sebagai spionase pada 1961-1965 di Suriah

alamy
Eli Cohen berakhir di tiang gantungan 

Dua kali serangan udara Israel ke Suriah dalam tujuh hari terakhir mengingatkan kisah seru operasi mata-mata Israel di Damaskus. Kamil Amin Taabes nyaris jadi orang nomer dua di Suriah, sebelum aksinya dibongkar Kolonel Ahmed Souwedani. Taabes adalah Eli Cohen, spion legendaris sepanjang sejarah Mossad. Buku "Mossad; Dinas Rahasia Israel", yang ditulis Denis Eissenberg melukiskan detail drama ini.

Amin Taabes Memulai Petualangan dari Buenos Aires

PERANG di Suez pada Oktober 1956 mengubah segala-galanya. Serbuan Israel yang didukung Inggris dan Prancis membuat kebencian pada Yahudi menjadi-jadi. Operasi Goshen digenjot, dan puluhan ribu warga Yahudi Mesir diselundupkan ke Israel.

Bulan November 1956, Eli Cohen ditangkap polisi Mesir, namun sekali lagi ia lolos dari tuduhan spionase. Namun ongkosnya mahal, Eli Cohen diperintahkan angkat kaki dari tanah kelahirannya. Pada 20 Desember 1956, Eli naik kapal ke Napoli, sebelum nantinya menuju Haifa.

Eli Cohen
Eli Cohen (TRIBUNJOGJA.com)

Saat itu ia berusia 32 tahun, dan belum berkeluarga. Setahun kemudian ia bekerja di lingkungan Departemen Pertahanan, dan inilah jalan lempangnya menuju ke dunia spionase yang jauh lebih menantang dan akan sangat menentukan hidupnya kelak.

Dimulai dari pekerjaan kecil menganalisis berita dari dunia Arab, yang berjalan setahun lamanya. Bosan di belakang meja, Eli mengajukan diri ke atasannya untuk bekerja di lapangan. Permintaan itu sesuai prosedur intel langsung ditolak.

Baca kisah selanjutnya :

Kisah Eli Cohen : Nyaris Jadi Menteri Pertahanan Suriah

Kisah Eli Cohen : Dua Kali Lihat Saudaranya Sebangsanya Digantung

Kisah Eli Cohen : Saya Eli Cohen, dari Tel Aviv

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved