Regional

Puncak Perayaan Hari Jadi Kota Magelang Berlangsung Meriah

Kami berdoa agar Kota Magelang dapat lebih baik ke depan, masyarakat semakin makmur dan sejahtera

Puncak Perayaan Hari Jadi Kota Magelang Berlangsung Meriah
Tribun Jogja/ Rendika Ferri K
Perayaan Hari Jadi Kota Magelang di Alun-alun Kota Magelang, Dua buah gunungan gethuk dan 17 gunungan palawija diarak keliling alun-alun, ratusan penari teatrikal asal usul Kota Magelang, Minggu (15/4/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Dua buah gunungan gethuk kakung dan putri serta 17 buah gunungan palawija diarak berkeliling Alun-alun Kota Magelang lengkap dengan pasukan Bregada yang mengawal gunungan tersebut.

Gunungan-gunungan tersebut kemudian dibawa ke alun-alun, disaksikan oleh ribuan masyarakat yang sudah memadati alun-alun sejak sore.

Sembari gunungan selesai diarak, disambut sebanyak 230 penari yang menarikan teatrikan asal usul berdirinya Kota Magelang.

Teatrikal ini terinspirasi dari cerita sejarah dari Prasasti Poh dan Mantyasih tentang Raja yang memerintah Kerajaan Mataram Kuno yang menetapkan Kota Magelang sebagai sebuah daerah yang merdeka atau perdikan 'Mantyasih'.

Cerita dari teatrikal menceritakan tentang perjalanan dari masyarakat yang melakukan laku ritual dan menjadikan Kota Magelang sebagai tempat transit.

Terjadilah akulturasi budaya dan interaksi dengan warga pendatang. Perekonomian di wilayah itu pun menjadi makmur.

Tetapi kondisi itu tak berlangsung lama, semenjak kedatangan gerombolan pengacau 'Kecu Brandal Rampok' yang mengusik ketenangan masyarakat.

Namun masyarakat pun bangkit dan bersatu, mereka membentuk kekuatan dan akhirnya mampu membasmi gangguan keamanan tersebut.

Raja Dyah Balitung sebagai raja yang memerintah wilayah akhirnya memberikan kemerdekaan bagi masyarakat Kota Magelang untuk mengelola wilayahnya sendiri dan membebaskan dari pajak. Kemerdekaan itu ditandai dengan Prasasti Mantyasih.

Halaman
12
Penulis: rfk
Editor: ton
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved