8.000 Pelari Ramaikan Mandiri Jogja Marathon

Lomba lari ini digelar dengan format berbeda, sport tourism, lantaran dipusatkan di kompleks Taman Wisata Candi Prambanan.

8.000 Pelari Ramaikan Mandiri Jogja Marathon
TRIBUNJOGJA.COM / Angga Purnama
Perwakilan Bank Mandiri, Pemda DIY, Pemkab Sleman, dan penyelenggara menunjukkan jersey Mandiri Jogja Marathon saat konferensi pera di Yogya, Senin (9/4/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM – Sebanyak 8.000 pelari akan mengambil bagian di even Mandiri Jogja Marathon tahun ini.

Tidak hanya pelari dari dalam negeri, even ini juga diikuti oleh peserta dari manca negara.

Even yang digelar ketiga kalinya ini menarik perhatian dari pegiat olahraga lari khususnya nomor maraton dari luar negeri, di antaranya Malaysia, Jepang, Kenya, Brunei Darussalam, Irlandia, India, China, Brasil, Singapura, Filipina, dan Australia.

Race Director Mandiri Jogja Marathon, Pandu Buntaran mengatakan selain even yang digelar dengan skala internasional, lomba lari ini digelar dengan format berbeda, sport tourism, lantaran dipusatkan di kompleks Taman Wisata Candi Prambanan.

“Penyelenggaraan Mandiri Jogja Marathon tahun ini juga mengangkat dan mempromosikan kekayaan budaya serta produk lokal. Tujuannya memacu pengembangan pariwisata dan pertumbuhan ekonomi Yogyakarta dan sekitarnya,” katanya dalam konferensi pers di Yogya, Senin (9/4/2018).

Menurutnya start dan finish akan digelar di pelataran Candi Roro Jonggrang, kompleks Taman Wisata Candi Prambanan, Minggu (15/4/2018).

Lari dengan view candi bukan satu-satunya wisata yang ditawarkan di Mandiri Jogja Marathon.

Rute yang akan ditempuh juga akan menjadi wisata bagai para peserta yang ambil bagian.

“Rute yang ditetapkan akan melewati 9 desa di wilayah Sleman dan 2 desa di wilayah Klaten. Selain itu, jika cuaca mendukung, peserta juga bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi di pagi hari,” paparnya.

Ia menjelaskan Mandiri Jogja Marathon akan digelar dengan empat kategori dan dua nomor di masing-masing kategori, putra dan putri.

Yaitu full marathon sejauh 42 kilometer diikuti 1.200 pelari, half marathon sejauh 21 kilometer diikuti 2.250 peserta, olympic distance sejauh 10 kilometer yang diikuti 2.250 peserta, dan sprint dintance diikuti 2.000 peserta dengan menempuh jarak 5 kilometer.

“Selain disuguhkan pemandangan dan wisata di Yogyakarta, ada hadiah dengan total Rp 746 juta yang akan diberikan kepada juara. Juara dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu nasional individu dan open individu, masing-masing diambil juara 1, 2, dan 3 putra maupun putri. Di Mandiri Jogja Marathon tahun ini juuga akan diambil juara group challenge 1, 2, dan 3,” katanya menjelaskan.

Konferensi pers Mandiri Jogja Marathon juga dihadiri perwakilan dari Bank Mandiri, Dinas Pariwisata DIY, dan Pemkab Sleman. (*)

Penulis: ang
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved